Apa yang Terjadi jika Tidak Ada Tumbuhan?

Apa yang Terjadi jika Tidak Ada Tumbuhan_

Apa yang akan terjadi jika tidak ada tumbuhan? Salah satu makhluk hidup yang paling berperan di muka bumi ini adalah tumbuhan. Dapat dikatakan pula bahwa tumbuhan memiliki peran yang begitu penting untuk kelangsungan makhluk hidup di muka bumi ini. Namun, pernahkan Anda berpikir dampak apabila tumbuhan tidak ada atau semua tumbuhan yang ada di muka bumi ini mati?

Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang dapat menghasilkan makanan sendiri karena mengalami proses fotosintesis. Untuk itu tumbuhan menjadi penting bagi makhluk hidup lainnya seperti hewan dan manusia yang memanfaatkan tumbuhan sebagai bahan makanan dan penghasil oksigen.

Ini Yang akan Terjadi Jika Tidak Ada Tumbuhan di Muka Bumi Ini

Berikut merupakan beberapa hal yang akan terjadi jika tidak ada tumbuhan di bumi ini yaitu:

1. Suhu Bumi akan Meningkat

pemanasan global

Apabila di bumi ini tidak ada tumbuhan, tentunya suplai oksigen akan menurun, dan sebaliknya jumlah karbondioksida akan mengalami peningkatan. Hal tersebut akan terjadi karena tumbuhan memanfaatkan karbondioksida yang dihasilkan atau yang dibuang oleh makhluk hidup lain seperti manusia untuk proses fotosintesis.

Dari proses fotosintesis tersebut tentunya akan dihasilkan oksigen. Oksigen ini yang akan digunakan oleh makhluk hidup lain untuk bernafas. Untuk itu apabila tumbuhan tidak ada di muka bumi ini tentu keadaan bumi akan semakin panas dan suhu bumi menjadi meningkat karena oksigen yang menipis.

Baca Juga : Apa yang Terjadi Apabila Es di Bumi Mencair

Misalnya apabila di suatu daerah terdapat banyak tumbuhan seperti di hutan. Tentunya udara yang terdapat di daerah tersebut terasa sejuk dan segar. Begitu sebaliknya apabila di suatu wilayah tidak terdapat tumbuhan maka udara di wilayah tersebut akan terasa panas.

2. Sumber Mata Air Kering

kekeringan

Tumbuhan dikenal juga sebagai penyimpan air, seperti ketika hujan, tumbuhan yang terdapat di pegunungan akan menyerap air hujan yang turun dan tetap bisa mengalirkan air hujan tersebut ke sungai – sungai dengan derasnya meskipun musim hujan telah usai, yaitu saat musim kemarau.

Akan tetapi, ketika di pegunungan tidak terdapat tumbuhan, maka air akan langsung turun dari pegunungan tanpa terserap oleh tumbuhan. Sehingga ketika musim kemarau datang, sumber mata air menjadi kering, sehingga tumbuhan lain yang membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya akan kering dan mati.

Dengan demikian tumbuhan tersebut tentunya tidak lagi dapat menghasilkan sayur, buah, atau hasil lainnya yang dapat dikonsumsi oleh hewan dan manusia. Akibatnya banyak makhluk hidup yang kelaparan bahkan dapat mengakibatkan kematian.

3. Tidak Adanya Kehidupan

jika tidak ada tumbuhan

Tumbuhan menjadi salah satu sumber makanan untuk kehidupan makhluk hidup di bumi. Mulai dari air yang digunakan untuk minum dan kebutuhan pokok lainnya, udara segar untuk bernapas, hingga penghasil berbagai jenis makanan yang dapat dikonsumsi sehari – sehari.

Untuk itu, jika tumbuhan tidak ada maka makhluk hidup yang hidup di bumi akan sulit mendapatkan bahan makanan bahkan sulit bernapas, dan dapat dipastikan kehidupan di bumi akan selesai. Hal ini merupakan akibat paling fatal yang akan terjadi jika tidak ada tumbuhan di bumi.

4. Udara Menjadi Tidak Bersih

jika tidak ada tumbuhan

Hal selanjutnya apabila tidak ada tumbuhan adalah udara yang menjadi kotor serta tidak layak untuk dihirup. Karena udara yang kita hirup tidak cocok untuk bernapas maka tanpa adanya pohon, kita tidak dapat bertahan hidup. Untuk mengatasi hal ini manusia harus mengembangkan masker gas yang dapat menyaring sisa-sisa oksigen yang terdapat di udara. Namun, yang oksigen didapatkan jumlahnya sangat sedikit.

Karena tumbuhan berperan layaknya filter raksasa yang dapat menyaring polusi udara. Apabila tumbuhan tidak ada, maka polusi akan semakin parah dan udara semakin tercemar, sehingga dapat membahayakan siapa saja yang menghirupnya. Karena keberadaan tumbuhan yang dapat menyerap belerang dioksida, karbon monoksida, serta gas rumah kaca lain melalui stomata atau mulut daun.

5. Kualitas Tanah Semakin Turun

Selain mengakibatkan udara tercemar, tidak adanya tumbuhan dapat membuat kualitas tanah menjadi turun. Hal ini dikarenakan tumbuhan bisa menyaring polutan dan bahan kimia berbahaya. Apabila tidak terdapat tumbuhan, dapat dipastikan kualitas tanah menjadi semakin beracun serta akan sangat sulit untuk ditanami tumbuhan.

Selain itu, adanya tumbuhan dapat mencegah terjadinya erosi tanah serta dapat mencegah terjadinya longsor. Saat hujan turun, tumbuhan akan menyerap kelebihan air ke tanah. Untuk itu apabila semua tumbuhan di bumi hilang, maka tanah tidak dapat menahan air serta dapat membuat tanah menjadi rapuh, sehingga akan mudah terjadi banjir dan longsor.

6. Hewan yang Hidup di Hutan akan Mati

Peran serta keberadaan tumbuhan di hutan menjadi bagian yang sangat vital. Karena tumbuhan memiliki fungsi untuk menjaga supaya tanah tetap sejuk, dingin, serta lembab. Hal menarik yang perlu Anda ketahui yaitu pohon yang berukuran besar dapat mendorong 150 ton air ke atmosfer pada setiap tahunnya yang akan kembali jatuh ke hutan dalam bentuk hujan.

Maka ketika semua pohon yang terdapat di bumi hilang, tentunya tanah menjadi kering dan panas. Hal ini mengakibatkan sekitar 80% hewan yang hidup di hutan tidak akan bertahan lama bahkan mati. Hewan tersebut akan mati karena ketersediaan makanan yang tidak ada serta sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan yang panas. Di sisi lain, kelaparan juga pasti akan terjadi di seluruh dunia.

Dari beberapa hal yang akan terjadi jika tidak ada tumbuhan, ternyata akan banyak fakta mengerikan yang muncul. Untuk itu penting bagi kita untuk mencintai dan peduli pada lingkungan kita. Seperti dengan menanami halaman dengan tumbuhan. Setidaknya dengan melakukan hal kecil tersebut kita sudah turut serta menjaga lingkungan tetap asri dan nyaman.