Apa yang Akan Terjadi Jika Tidak Ada Listrik?

Apa yang Akan Terjadi Jika Tidak Ada Listrik_

Listrik merupakan sumber energi utama yang memiliki peran penting bagi kehidupan manusia dan sudah ditemukan sejak tahun 640-546 SM. Apalagi di era modern saat ini, listrik telah menjadi kebutuhan dasar manusia. Kita menggunakannya sebagai penerangan, penghantar panas, transportasi, kesehatan, dan lain sebagainya. Namun, pernahkah kamu membayangkan apa yang akan terjadi jika tidak ada listrik?

Tentu, akan terjadi kekacauan pada kehidupan manusia. Kita tidak bisa menikmati perkembangan teknologi yang memudahkan kegiatan sehari-hari bahkan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan listrik tidak akan ada. Namun, dibalik itu terdapat dampak positifnya juga, misalnya tingkat polusi lingkungan masih rendah dan sumber energi tidak dieksplorasi secara masal.

Nah, untuk lebih lanjutnya apa saja, sih kegiatan kita yang akan terdampak jika tidak ada listrik?

Dampak Negatif Jika Tidak Ada Listrik

1. Tidak ada alat elektronik

jika tidak ada listrik

Banyak sekali alat elektronik yang hanya bisa digunakan menggunakan listrik. Alhasil, kegiatan pun jauh lebih mudah dan efektif. Misalnya mendinginkan minuman atau makanan di kulkas, mandi dengan sumur pompa, berkomunikasi menggunakan smartphone, memasak dengan rice cooker, dan lain-lain.

Namun saat tidak ada listrik, kita tidak bisa menggunakan alat elektronik. Bahkan bisa jadi tidak akan ada alat elektronik seperti yang sering digunakan saat ini. Kita akan memasak menggunakan tungku atau kompor, mandi dengan air di sumur timba, berkomunikasi dengan surat-menyurat, dan lain sebagainya.

2. Turunnya produktivitas kerja

Saat ini, mayoritas pekerjaan dilakukan dengan bantuan listrik melalui alat elektronik. Misalnya pada perkantoran, restoran, dan studio musik. Meskipun tetap berjalan, pekerjaan akan dilakukan secara manual. Bisa dibayangkan betapa ribetnya, bukan?

3. Berkurangnya jenis pekerjaan

Tanpa kita sadari, adanya listrik memberikan berbagai peluang jenis pekerjaan yang membutuhkan listrik seperti programmer, teknisi listrik, dan tukang servis. Saat tidak ada listrik, bisa jadi pekerjaan tersebut tidak akan ada.

4. Bidang kesehatan

Pada bidang kesehatan, tenaga medis biasanya menggunakan alat elektromedik yang membutuhkan listrik. Alat elektromedik berupa electrocardiografi (EKG) yang berfungsi untuk menganalisa kelainan pada jantung, defibrillator untuk mengembalikan irama jantung agar normal, dan lampu operasi.

Beberapa alat tersebut sangat dibutuhkan dalam upaya menyelamatkan pasien. Bisa dibayangkan jika tidak ada listrik, maka pertolongan kepada pasien akan terhambat. Efek domino lainnya, dapat menyebabkan angka harapan hidup masyarakat menurun.

Di Venezuela tahun 2019  selama 5 hari mengalami listrik padam, saat itu diperkirakan ada 26 orang yang meninggal dunia dari berbagai rumah sakit akibat aliran listrik yang terputus. Diantaranya ada yang tidak mendapatkan perawatan semestinya, terlambat memberikan perawatan karena lift mati, dokter tidak bisa mengoperasi, dan lain sebagainya.

5. Penyebaran informasi menjadi lambat

Informasi yang biasanya kita terima dari radio, TV, internet, koran, dan lain sebagainya akan diterima lebih lambat. Apalagi di daerah Indonesia yang geografisnya berupa wilayah kepulauan, bisa jadi informasi di Jawa akan diterima di Kalimantan setelah satu minggu.

Beberapa media pun akan lumpuh, berita penting sulit untuk diterima. Lalu pemerintahan luput dari pengawasan masyarakat. Selain itu, dunia pendidikan tidak bisa berkembang karena terbatasnya akses informasi.

6. Terhambatnya laju transportasi

Tidak akan ada alat transportasi dengan bahan bakar listrik. Selain itu, jalanan akan gelap karena minim penerangan. Meskipun listrik bisa diganti dengan energi lain, seperti genset, tetapi perubahannya tidak akan secepat listrik.

7. Terancamnya bidang logistik makanan

Makanan bisa menjadi barang langka karena tidak ada listrik untuk menghidupkan kulkas atau freezer. Makanan dan bahan makanan akan mudah basi saat didistribusikan ke tempat yang jauh. Apabila ini terus terjadi, beberapa masyarakat akan mengalami kelaparan.

Dampak Positif jika Tidak Ada Listrik

1. Lingkungan terjaga

jika tidak ada listrik

Lingkungan akan terjaga dari polusi udara karena pabrik yang beroperasi hanya sedikit. Selain itu, emisi yang dikeluarkan dari pembangkit listrik tidak bisa kita rasakan. Sumber daya alam pun tidak akan tereksplorasi secara masif.

Sebuah studi memperoleh hasil bahwa produksi listrik memiliki kontribusi sebanyak 25% terhadap efek rumah kaca. Hal ini dapat mempengaruhi siklus iklim, bencana alam, atau yang lainnya. Jadi jika tidak ada listrik, alam akan lebih terjaga.

2. Langit malam akan dipenuhi kerlipan bintang

Karena di bumi minim penerangan, bintang akan terlihat lebih bersinar di langit. Berbeda dari keadaan saat ini, dimana kita perlu pergi ke gunung atau pedesaan untuk melihat banyak bintang di langit.

3. Masyarakat lebih akrab satu sama lain

Dibandingkan masyarakat saat ini, alih-alih menggunakan smartphone untuk berkomunikasi.  Masyarakat yang hidup tanpa listrik akan menghabiskan waktunya dengan berbincang secara tatap muka. Saat berkumpul, lebih banyak waktu untuk berbincang dibandingkan main smartphone.

Itulah beberapa hal yang terjadi jika tidak ada listrik, jika diberikan pilihan manakah yang akan kamu pilih, hidup dengan atau tanpa listrik? Pilihan manapun, keduanya memiliki dampak negatif dan positifnya masing-masing.