Latihan Bank Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dengan Pembahasan Kunci Jawaban (KWH Prakewi)

Latihan Soal USP USBN Prakarya dan Kewirausahaan dan Pembahasan

Bank soal USBN Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) untuk dipelajari dan dipahami karena akan keluar di ujian
Bank soal USBN Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) untuk dipelajari dan dipahami karena akan keluar di ujian

Kita bahas Latihan Bank Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dengan Pembahasan. Dengan begitu kita lebih tahu soal dunia kewirausahaan. Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) atau Prakewi atau mata pelajaran KWh menjadi suatu pelajaran yang diujiankan.

Latihan Bank Soal Contoh Ujian Sekolah USP USBN Prakarya Kewirausahaan SMA/SMK Pembahasan dan Jawaban

Prakarya dan kewirausahaan merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diujiankan dan biasanya akan masuk ke dalam Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) baik itu di SMA/SMK tahun 2020 maupun di tahun-tahun setelahnya dan sebelumnya 2019, 2021, 2018, 2022, dst.

Jadi inilah dia Latihan atau Bank Soal yang akan diujiankan dalam USP (Ujian Satuan Pendidikan) atau USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) tahun 2020 dan seterusnya untuk SMA/SMK dengan pembahasan merinci dan terlengkap soal Prakarya Kewirausahaan.

Yuk teman-teman semua mari kita belajar Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU), dengan segala macam contoh soal dan latihan soal ujian (USBN USP) untuk PKWU membuat kamu semakin pintar dan cerdas hingga mendapatkan nilai yang bagus.

Dalam contoh soal ujian PKWU ini pastinya ada beberapa yang akan diambil dan tentu hal ini mendapat nilai plus terutama buat kamu yang sedang tugas dan diperbolehkan lihat Google. Tapi jangan lupa juga untuk mempelajari materi masalah manusia dalam bidang ekonomi.

Tetapi, hal yang menjadi masalah adalah ketika suatu hal terjadi secara kebetulan, yaitu dimana kamu dapat mendapatkan nilai 100 dari menyontek, yaitu dari web ini karena rata-rata soal Prakarya dan Kewirausahaan tidak diganti, hanya diubah kata atau urutan (sort of order).

Latihan Contoh Soal Ujian USBN Prakarya Kewirausahaan (PKWU) dan Pembahasan

Berbahagialah karena semoga saja soal ini ada dalam kertas lembaran ujian atau dalam ujian elektronik yang kamu laksanakan di tengah pandemi COVID-19 ini.

Apa saja materi yang diajarkan dalam Prakarya dan Kewirausahaan?

Materinya mencakup banyak hal termasuk mengetahui BEP (Break Even Point), mengetahui seluk beluk berwirausaha, cara membatik, belajar karya seni dan budaya Indonesia, teknik memasak, dan masih banyak lagi.

Kenapa harus mempelajari Prakarya dan Kewirausahaan?

Manfaatnya adalah kamu dapat mempelajari bagaimana cara jadi wirausaha yang baik, bagaimana cara menghitung keuntungan, bagaimana mengetahui dunia perbisnisan, dan segala sesuatu tentang budaya Indonesia.

Prakarya dan Kewirausahaan mengajarkan kita tentang banyak hal terutama dalam berwirausaha dan mempelajari berbagai macam budaya hingga mengenal dunia bisnis secara paling dasar.

Walaupun tidak mencakup secara keseluruhan tetapi, materi yang dipelajari dalam Prakarya dan Kewirausahaan (KWh) atau Prakewi dapat menopang pilar jiwa pebisnis yang ada dalam diri kamu

Latihan soal USBN yang dibuat pada kesempatan hari ini telah terdiversifikasi secara baik dan sesuai dengan standardisasi nasional yang mana menjadi suatu acuan dasar, suatu problematika kerangka serius dalam subjek atau mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan.

Baca juga: Pengertian, Penyebab, Jenis, dan Dampak Inflasi Negara

Baru saja Kemdikbud atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (RI) memberikan surat edaran yang berisi bahwa di Indonesia akan ditiadakan Ujian Nasional baik itu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Alat Tulis (UNKP), namun tak perlu khawatir karena Prakarya dan Kewirausahaan tidak masuk ke dalam UN.

Tetapi hal tersebut tidak membuat serta merta Ujian Satuan Pendidikan (USP) menjadi digagalkan, hal itu adalah suatu kesalahan besar, karena sebenarnya Prakarya dan Kewirausahaan akan tetap diujiankan dengan memperhatikan berbagai macam faktor, ini merupakan pelajaran penting yang mengajarkan kawula muda untuk bersikap tegas dan membentuk suatu wirausaha.

belajar ujian latihan usp USBN Kewirausahaan dan Prakarya SMA SMK 2021

Di Indonesia, Prakarya dan Kewirausahaan menjadi suatu pelajaran wajib yang akan dibekalkan pada tiap siswa untuk mempersiapkan diri ke jenjang pendidikan berikutnya yaitu Perguruan Tinggi Negeri, karena mungkin saja tidak akan diajarkan kembali dalam kuliah. Oleh karena itulah Pemerintah RI ingin menciptakan generasi muda yang mampu berwirausaha dan mempunyai kedisiplinan mandiri untuk membuat usaha baru yang akan membangun negeri.

Pada kenyataannya, Prakarya dan Kewirausahaan lebih banyak praktiknya daripada soal-soal latihan, hal itu didasari pada konsep Kurikulum 2013 revisi (K-13 revisi tahun 2016) sehingga aplikasi dasar suatu konsep pembelajaran terfokus pada capaian belajar murid melalui praktik yang ada dengan kegiatan yang bermanfaat.

Baca juga: Ternyata Bermain Game Merugikan Indonesia Triliunan Rupiah

Mau bagaimanapun juga, suatu ujian tidak akan terhindarkan lagi, tetapi tidak perlu  khawatir karena ujian prakarya atau kewirausahaan sangat mudah kok. Bahkan tidak perlu menyiapkan banyak materi yang rumit di otak, hal ini sudah diatur, namun tidak disarankan bagi siswa untuk menyontek jawaban dari sini, karena biasanya guru-guru prakarya akan menggunakan soal ini dalam ujian mereka, harap untuk guru agar meningkatkan kreativitas.

Ketika tidak ada yang dapat diandalkan untuk bersandar yaitu melihat soal-soal latihan, harus kemana lagi siswa itu tertuju? Jawabannya sudah jelas karena di demenshare.com, portal latihan soal yang sangat lengkap dengan pembahasan konseptual dengan jawaban yang terbaik.

Memang prakarya dan kewirausahaan menuntut siswa untuk kreatif juga serta inovatif, memahami konsep yaitu Break Even Point  atau titik impas, di mana tidak ada untung dan tidak ada rugi, selain itu siswa atau murid juga diwajibkan mengetahui prinsip 6M, yaitu Man, Methods, Market, Money, dan dua lagi yang akan kamu temui di soal kali ini karena komprehensif dengan pencerahan.

Mungkin kamu tertarik: Mengapa Ada orang yang Meninggal Saat Tidur?

Tapi apakah prakarya dan kewirausahaan menjadi perlu di kehidupan selanjutnya secara sehari-hari? Jawabannya adalah perlu, misalnya saja untuk membuat startup dibutuhkan suatu modal, kemampuan berpikir secara mandi dan tentunya saja disiplin tinggi. Hal tersebut juga diajarkan dalam prakarya dan kewirausahaan.

Tapi, apakah tidak ada cara lain selain dengan memahami materi prakarya? Jawabannya adalah ada, namun harus mempelajarinya secara detil di program studi ekonomi dan bisnis, atau program studi lainnya dimana akan diajari lebih lanjut.

Contoh Soal Prakarya SMA SMK 2020 dengan Pembahasan Kunci Jawaban

Oh iya untuk informasi, soal ini telah dipublikasikan dalam Ujian Prakarya SMAN 8 Kota Tangerang secara daring (online) di aplikasi Schoology dengan beralamatkan app.schoology.com dan admin mendapatkannya dari kolega yaitu Fahmi yang mengukirkan kenangannya di XII IPA 5, soal-soal ini akan berguna untuk pembelajaran kepada adik kelas atau semua yang akan melanjutkan.

Sedang dibaca: Di Masa Depan Bumi Tidak Akan Jadi Planet Layak Huni

Tapi jangan menyalahgunakannya ya untuk kepentingan tertentu, gunakanlah otoritas sesuai dengan kewenangan kamu sebagai pelajar untuk terus memahami dan jadi generasi penerus bangsa, melalui butiran tulisan ini, semoga banyak yang mendapatkan nilai 100 atau sempurna, setidaknya mendapatkan 80% dari total soal.

Untuk Bu Purwaningsih, Bu Endah, Bu Sriwati, atau guru yang telah mengajarkan prakarya kepada kami di SMAN 8 Tangerang, kami berterima kasih banyak selaku keluarga besar XII IPA 5 dalam kenangan memori akan terus kami tulis dengan tinta emas kejayaan Indonesia.

Berikut ini dia Latihan Soal USBN USP SMA/SMK Prakarya dan Kewirausahaan dengan Jawaban plus kalau ada yang mau nambahin pembahasan dapat untuk mengisinya di kolom komentar yang telah disediakan dalam laman web ini.

Baca juga:

Latihan Soal USBN USP Ujian Prakarya dan Kwh beserta Jawaban

Soal no. 1-15

Question 1

Persaingan dalam berwirausaha dapat berdampak positif dan negatif. Dampak positif dari hal tersebut adalah ….

  • a. Berbahaya bagi bisnisnya
  • b. Partner kerja tetap bertahan
  • c. Capat bertoleransi dengan baik
  • d. Dapat diajak sebagai rekan kerja
  • Selected:e. Membuat seseorang berpikir maju. This answer is correct.

Question 2

Seimbangnya biaya pengeluaran dan pendapatan sehingga tidak terdapat kerugian atau keuntungan dinamakan ….

  • a. Titik modal
  • b. Titik timbang
  • Selected: c. Titik impas. This answer is correct.
  • d. Titik usaha
  • e. Titik biaya

Question 3

Kebudayaan Betawi memang menarik. Tidak hanya dari segi seni dan budaya, kuliner Betawi juga sangat terkenal akan kelezatan cita rasanya. Berikut adalah makanan khas betawi yang sangat terkenal, kecuali ….

  • a. Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020
  • Selected: bLatihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020This answer is correct.
  • c. Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020
  • d. Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020
  • e. Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020

Question 4

Modifikasi pangan dilakukan untuk beberapa tujuan, kecuali..

  • a. Meningkatkan tingkat higienis produk
  • b. Membuat produk dengan varian baru
  • c. Menghasilkan tekstur pangan yang berbeda
  • d. Usia produk agar lebih awet
  • Selected: e. Mempermudah promosi. This answer is correct.

Question 5

Perhatikan gambar berikut :

Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020

Teknik pengawetan yang digunakan dalam makanan tersebut adalah ….

  • a. Pengawetan
  • b. Pengeringan
  • c. Pembekuan
  • d. Perebusan
  • e. Pemanasan

Question 6

“Sang Pisang” siapa yang tak kenal dengan produk ini. Kaesang Pangareplah seorang wirausahawan muda yang sukses dengan produk modifikasi makanan “Sang Pisang” nya. Dia memulai usaha dari nol bersama seorang temannya. Perjalanan bisnisnya tidaklah mulus. Produknya pernah dikritik “seperti gorengan seribuan”, namun Kaesang dan temannya tetap melanjutkan usahanya hingga sekarang telah memiliki 75 outlet di seluruh Indonesia. Outlet ke–75 berada di Jember yang diresmikan pada tanggal 1 September 2019. Berdirinya outlet–oulet ini, juga telah menjaring tenaga kerja dan membantu menggerakkan perekonomian masyarakat. Dari kisah Kaesang, motivasi wirausaha yang dapat dipelajari adalah ….

  • a. Semangat, kreatif, pesimis, teguh pendirian
  • b. Sabar, inovatif, kreatif, pantang mengambil resiko
  • c. Semangat, kreatif, ambisius, siap menghadapi resiko
  • d. Pantang menyerah, semangat, optimis, ambisius
  • e. Kreatif, pantang menyerah, optimis, sabar

Question 7

Dalam sebuah promosi produk pengolahan makanan khas asli daerah (orisinil) dari bahan-bahan pangan nabati dan hewani, hal utama yang harus lakukan adalah….

  • a. Menampilkan produk purwarupa
  • b. Menghalalkan segala cara
  • c. Menceritakan tentang proses produk
  • d. Menonjolkan kelebihan produk
  • e. Memberikan harga tinggi

Question 8

Jumlah penerimaan uang yang didapatkan oleh perusahaan, sebelum dipotong total biaya disebut ….

  • a. Harga
  • b. Penerimaan kotor
  • c. HPP
  • d. Laba.
  • e. Harga jual

Question 9

Salah satu olahan makanan yang dapat dibuat dari fillet ikan adalah….

  • a. Rujak
  • b. Emping
  • c. Gado-gado
  • d. Lontong
  • Selected: e. Empek-empek. This answer is correct.

Question 10

Sebagai orang Indonesia, tempe tentunya sudah tidak asing lagi. Makanan khas Indonesia ini dikenal murah dan memiliki gizi yang cukup tinggi. Tak heran makanan yang berasal dari kedelai ini kerap menjadi andalan hampir semua keluarga di Indonesia. Agar tidak membosankan, maka tempe dapat diolah dengan berbagai jenis olahan. Berikut adalah makanan olahan dari tempe, kecuali ….

  • a. Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020
  • b. Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020
  • c. Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020
  • Selected: d. Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020This answer is correct.
  • e. Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020

Question 11

Seorang wirausahawan yang akan membuka usaha baru selalu membutuhkan informasi tentang pasar karena tujuan dari pemasaran adalah untuk memenuhi permintaan pelanggan. Hal tersebut merupakan tinjauan berdasarkan ….

  • a. Analisis kelayakan teknis
  • b. Studi kelayakan pasar
  • c. Uji coba pasar
  • d. Analisis peluang pasar
  • e. Sumber informasi pasar

Question 12

Perhatikan gambar sebuah karya kerajinan tangan (celengan) berikut.

Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020

Budaya artefak (benda) yang menginspirasi pembuatan kerajinan tersebut adalah ….

  • a. Boneka
  • b. Perayaan adat
  • Selected: c. Pakaian adat This answer is correct.
  • d. Upacara pengantin
  • e. Upacara adat

Question 13

Perhatikan gambar kerajinan berikut ini.

Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020

Teknik yang digunakan dan budaya yang menginspirasi kerajinan tersebut adalah ….

  • a. Makrame , wadah makanan
  • b. Makrame , tembikar
  • c. Menata , wadah makanan
  • d. Menganyam , tembikar
  • Selected: e. Menganyam , wadah makanan. This answer is correct.

Question 14

Dibawah ini yang termasuk budaya lokal nonbenda adalah …

  • a. Cerita rakyat, rumah adat, dan senjata tradisional
  • b. Rumah adat, Dongeng, dan takhayul
  • c. Senjata adat, pakaian daerah, dan tembikar
  • Selected: d. Pantun, cerita rakyat, dan tarian. This answer is correct.
  • e. Pakaian daerah, pantun, dan upacara adat

Question 15

Teknik menggoreng yang benar sangat berpengaruh terhadap rasa gorengan seperti teknik “Deep Frying” . meski bisa dilakukan dengan wajan biasa, deep frying biasanya dilakukan dengan alat wajan yang disebut ‘deep fryer’. Alat ini berbentuk segi empat dengan saringan dan termometer minyak. Banyak makanan yang dimasak dengan metode ini, antara lain donat, kentang goreng, nugget dan lain – lain. Definisi yang tepat untuk teknik memasak deep frying adalah ….

  • Selected: a. memasak dengan banyak minyak. This answer is correct.
  • b. memasak dengan mendidihkan secara perlahan
  • c. menggoreng dengan wajan dangkal
  • d. memasak dengan sedikit minyak
  • e. memasak bahan makanan dengan uap air

Soal no. 16-30

Oke untuk sampai di sini kamu benar-benar luar biasa hebatnya, namun perlu diperhatikan juga bahwa otak manusia butuh istirahat, jadi usahakan apabila sudah lelah, beristirahatlah karena rehat akan merebahkan lelah tubuh di tempat-tempat yang akan membuat ketenangan jiwa dan kenyamanan hati.

Question 16

Seorang wirausaha ingin menjual Soto Madura di daerah Jawa Tengah. Maka dibutuhkan perencanaan usaha yang tepat untuk mengelola usaha tersebut. Komponen perencanaan usaha yang paling tepat adalah ….

  • a. Lokasi usaha, besar modal, proyeksi laba rugi, evaluasi
  • b. Besar modal, proyeksi laba rugi, strategi bisnis, menentukan tempat membeli bahan
  • c. Lokasi usaha, pinjaman modal, proyeksi laba rugi, strategi bisnis
  • d. Lokasi usaha, tempat meminjam modal, proyeksi laba rugi, strategi bisnis
  • Selected: e. Lokasi usaha, besar modal, proyeksi laba rugi, strategi bisnis, evaluasi. This answer is correct.

Question 17

Dari motif batik berikut, yang merupakan motif batik Parang adalah ….

  • a. Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020
  • b. Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020
  • c. Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020
  • Selected: d. Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020This answer is correct.
  • e. Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020

Question 18

Pernyataan di bawah ini merupakan manfaat dari penggunaan bahan tambahan pangan, kecuali ….

  • a. mempertahankan nilai gizi pada suatu makanan
  • b. memperpanjang masa konsumsi
  • c. membuat penampilan makanan lebih menggugah selera
  • d. mengawetkan makanan
  • Selected: e. menutupi kerusakan yang terdapat pada suatu makanan. This answer is correct.

Question 19

Berikut adalah contoh produk hiasan yang memiliki fungsi hias dan fungsi pakai, kecuali …

  • a. Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020
  • b. Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020
  • Selected: c. Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020This answer is correct.
  • d. Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020
  • e. Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020

Question 20

Bahan baku limbah untuk kerajinan hiasan sangat banyak sekali jenis dan macamnya. Yang termasuk ke dalam bahan baku limbah alami adalah…

  • a. Botol Plastik sisa minuman
  • b. Koran bekas
  • c. Plastik Bekas detergen
  • Selected: d. Kulit jagung. This answer is correct.
  • e. Kaca sisa pemotongan

Question 21

Berikut adalah contoh artefak/obyek budaya lokal berbentuk benda, kecuali ….

  • Selected: a. Tari – tarian. This answer is correct.
  • b. Wadah tradisional
  • c. Rumah adat
  • d. Senjata tradisional
  • e. Pakaian adat

Question 22

Hubungan antara ketersediaan barang di pasar dan permintaan pembeli merupakan….

  • a. Hukum produksi
  • b. Hukum Jual beli
  • Selected: c. Hukum permintaan dan persediaan. This answer is correct.
  • d. Rumus ekonomi dasar
  • e. Hukum Ekonomi dasar

Question 23

Pengawetan bahan pangan secara biologis artinya bahwa pengolahan bahan pangan dengan….

  • a. Didinginkan atau dibekukan
  • Selected: b. Menggunakan garam dan gula. This answer is correct.
  • c. Menggunakan bahan makanan tambahan
  • d. Menggunakan mikroorganisme
  • e. Teknik pengasapan

Question 24

Perhatikan gambar promosi berikut.

Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020

Berdasarkan gambar promosi tersebut, fungsi dari media promosi adalah ….

  • a. Memperkenalkan dan memberi pemahaman tentang suatu pabrik kepada konsumen
  • b. Memperkenalkan dan memberi pemaham-an tentang manfaat beternak sapi kepada konsumen
  • c. Memperkenalkan dan memberi pemahaman tentang pentingnya beternak kepada konsumen
  • Selected: d. Memperkenalkan dan memberi pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen. This answer is correct.
  • e. Memperkenalkan dan memberi pemahaman tentang hewan sapi kepada konsumen

Question 25

Peluang wirausaha produk pangan memiliki beberapa alasan yang sangat menarik, diantaranya adalah…

  • a. Bahan baku harus import
  • b. Teknologi pengolahan menggunakan teknologi modern
  • c. Pangsa pasar sangat sempit
  • d. Kemasan harus terbuat dari bahan plastik
  • Selected: e. Produk sangat bervariatif. This answer is correct.

Question 26

Hayati adalah seorang pebisnis UMKM yang cukup berhasil. Beberapa konsumen baru mengetahui produk ini dari mulut ke mulut. Sebagai pebisnis pemula yang awam dengan teknologi namun ingin memperluas saluran distribusinya apa yang dapat dilakukan oleh Hayati?

  • a. Promosi melalui facebook dan instagram
  • Selected: b. Membuat brosur. This answer is correct.
  • c. Membuat layanan produk di web
  • d. Membuat toko online sendiri
  • e. Bergabung di marketplace

Question 27

Kendala merupakan factor penghambat keberhasilan usaha. Dalam rangka menekan situasi terburuk, sebuah perusahaan biasanya akan melakukan/membuat evaluasi. Evaluasi tersebut berfungsi sebagai …

  • Selected: a. Pemberi solusi terhadap kendala yang ada. This answer is correct.
  • b. Memberikan tes kepada karyawan yang sudah lama
  • c. Menambah jumlah tenaga kerja
  • d. Menjawab segala tantangan
  • e. Memberikan training kepada karyawan baru

Question 28

Biaya – biaya yang dikeluarkan dalam pengolahan bahan baku menjadi produk kerajinan disebut ….

  • a. Harga produksi
  • b. Biaya variabel
  • Selected: c. Biaya produksi. This answer is correct.
  • d. Biaya tetap
  • e. Harga pokok produksi

Question 29

Nilai – nilai hasil budidaya masyarakat suatu daerah yang terbentuk secara alami dan diperoleh melalui proses belajar dari waktu ke waktu disebut ….

  • a. Obyek budaya
  • b. Budidaya lokal
  • Selected: c. Budaya lokal. This answer is correct.
  • d. Adat istiadat
  • e. Budaya nasional

Question 30

Perhatikan senjata tradisional berikut.:

Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020

Senjata tersebut berasal dari daerah ….

  • a. Maluku
  • b. Sulawesi Tenggara
  • c. Aceh
  • Selected: d. Jawa Tengah. This answer is correct.
  • e. Kalimantan Tengah

Soal no. 31-45

Question 31

Perhatikan gambar olahan makanan khas daerah berikut.

Latihan Soal USBN USP Prakarya dan Kewirausahaan SMA/SMK dan Pembahasan Jawaban 2020

Nama makanan khas tersebut adalah … yang berasal dari ….

  • a. Martabak dari Bangka
  • b. Karedok dari Sunda
  • Selected: c. Kerak telor dari Jakarta. This answer is correct.
  • d. Fuyunghai dari Cina
  • e. Ketoprak dari Jakarta

Question 32

Ibu Fifi adalah seorang wirausaha makanan di dekat sebuah obyek wisata. Setiap hari bu Fifi menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat barang dagangannya, antara lain panci, pengaduk, dan kompor. Sedangkan bahan yang selalu digunakan adalah buah bengkoang, pepaya, nanas, cuka, cabe, dan garam. Berdasarkan alat dan bahan yang digunakan, maka produk yang dibuat bu Fifi adalah ….

  • a. Salad buah
  • Selected: b. Asinan bogor. This answer is correct.
  • c. Jus buah
  • d. Sop buah
  • e. Rujak

Question 33

Daerah yang paling terkenal dengan kerajinan ukiran kayu jati adalah …

  • a. Jepara
  • Selected: b. Pekalongan. This answer is incorrect.
  • c. Batam
  • d. Jakarta
  • e. Yogyakarta

Question 34

Kamu mendapat pesanan kue dari kantin sekolah berupa camilan basah yang diisi dengan sayuran. Ada beberapa pilihan sayuran yang telah kamu pertimbangkan, yaitu bayam, wortel, taoge, kol, dan daun bawang. Kamu mengolah makanan tersebut di pagi hari sebelum berangkat sekolah. Jenis sayuran apakah yang tidak akan kamu pilih sebagai isi untuk jajanan basahmu?

  • a. Taoge
  • b. Kol
  • c. Daun bawang
  • Selected: d. Bayam. This answer is correct.
  • e. Wortel

Question 35

Pada suatu daerah banyak terdapat tanaman bambu. Ide dan peluang usaha yang memungkinkan untuk memulai berwirausaha di daerah tersebut adalah ….

  • a. Menciptakan teknologi tepat guna
  • Selected: b. Membuat kerajinan perabotan rumah tangga. This answer is correct.
  • c. Membuat karya rekayasa
  • d. Budidaya tanaman hias
  • e. Membuat karya bidang konservasi

Question 36

Sumber daya yang dikelola dalam sebuah wirausaha dikenal dengan istilah 6M. Salah satu dari 6M sebagai sumber daya dalam kemampuan menentukan teknik/cara mengelola usaha adalah ….

  • a. Man
  • b. Materials
  • Selected: c. Market. This answer is incorrect.
  • d. Methods
  • e. Money

Question 37

Dunia telah melewati empat gelombang peradaban ekonomi. Berikut bukan merupakan empat peradaban ekonomi yang telah dilewati dan dijalani…..

  • a. Ekonomi pertanian
  • b. Ekonomi industri
  • c. Ekonomi informasi
  • d. Ekonomi kreatif
  • Selected: e. Ekonomi maju. This answer is correct.

Question 38

Penyusunan laporan kegiatan usaha penting dilakukan secara berkala. Lanagkah ini sebagai bentuk evaluasi terhadap kegiatan usaha dan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana usaha yang dilakukan serta dapat digunakan untuk pembenahana kegitan selanjutnya. Hal – hal yang harus diperhatikan dalam menganalisis laporan kegiatan usaha adalah sebagai berikut.1) Melakukan kajian terhadap kebenaran hasil laporan 2) Menyimak laporan 3) Menguraikan secara detail isi pokok laporan 4) Tidak mencampuradukkan antara fakta dan opini5) Memahami isi laporan. Urutan yang tepat dalam menganalisis laporan kegiatan usaha adalah ….

  • a. 2, 5, 1, 3, 4
  • b. 4, 2, 3, 5, 1
  • c. 1, 2, 3, 4, 5
  • Selected: d. 2, 5, 3, 4, 1. This answer is correct.
  • e. 3, 2, 5, 4, 1

Question 39

Pak Arman adalah seorang wirausaha kerajinan dengan bahan kain perca. Salah satu produknya adalah sarung bantal sofa. Untuk membuat 100 buah sarung bantal sofa, Pak Arman mengeluarkan biaya sebesar Rp. 7.500.000,-. Jika diharapkan keuntungan yang diperoleh adalah 20%, maka harga jual satu sarung bantal sofa adalah ….

  • a. Rp. 108.000,-
  • b. Rp. 30.000,-
  • c. Rp. 75.000,-
  • d. Rp. 15.000,-
  • Selected: e. Rp. 90.000,-. This answer is correct.

Question 40

Dalam melakukan evaluasi wirausaha, kita dapat menggunakan analisis SWOT. Kepanjangan dari SWOT adalah…..

  • a. Strenght, Weakness, Opport, dan Treats
  • b. Strenght, Weakness, Opportunities, dan Treats
  • c. Strong, Weakness, Opportunities, dan Treats
  • d. Strong, Wake up, Opportunities, dan Treats
  • Selected: e. Strenght, Wake up, Opportunities, dan Treats. This answer is incorrect.

Question 41

Pak Mozha sangat ahli dalam bidang teknik mengukir. Pak Mozha memiliki toko kerajinan yang menjual ukiran untuk kegunaan hiasan maupun furniture. Selain meningkatkan teknik ukirnya, Pak Asfian juga mempelajari ilmu yang lain, antara lain ilmu tentang mempromosikan produk – produk kerajinan buatannya. Kegiatan yang dilakukan Pak Mozha merupakan dimensi kewirausahaan golongan ….

  • a. Kualitas produksi
  • b. Kualitas dasar
  • Selected: c. Kualitas instrumental. This answer is correct.
  • d. Kualitas promosi
  • e. Kualitas teknik

Question 42

Penjualan yang dilakukan dengan sistem konsinyasi merupakan alternatif lain selain penjualan secara reguler. Sistem perdagangan semacam ini merupakan suatu bentuk perdagangan komisi yang melibatkan dua pihak. Berikut adalah manfaat sitem konsinyasi, kecuali ….

  • a. Mudah dalam mendapatkan konsusmen
  • Selected: b. Mendapat keuntungan langsung saat barang sudah terjual. This answer is correct.
  • c. Tidak perlu membuka toko sendiri
  • d. Kerugian dapat diminimalisasi
  • e. Tidak memerlukan biaya mahal bagi yang mulai merintis usaha

Question 43Awal mulanya Gojek adalah layanan jasa transportasi online. Kemudian Gojek meluncurkan aplikasi Gofood dan disusul layanan lainnya. Munculnya berbagai gagasan produk baru adalah salah satu karakteristik yang perlu dimiliki seorang wirausaha, yaitu ….

  • Selected: a. Inovatif. This answer is correct.
  • b. Mandiri
  • c. Percaya diri
  • d. Bertanggungjawab
  • e. Kreatif

Question 44

Pak Sutimin memiliki toko mie ayam karena rasanya enak, memiliki porsi tepat, dan kondisi tempat yang bersih dan tempat parkir yang nyaman, menjadikan toko mie ayam Pak Sutimin menjadi bisnis yang disukai pelanggan. Ini konsisten dengan karakteristik peluang bisnis yang baik, yaitu …

  • a. Permintaan nyata
  • b. Mencapai tujuan
  • c. Ketersediaan sumber daya
  • d. Pengembalian investasi
  • Selected: e. Kompetitif. This answer is correct.

Question 45

Salah satu sumber daya usaha 6M yang berkaitan dengan bagaimana membuat strategi pemasaran dan distribusi produk pengolahan bahan nabati agar diminati banyak konsumen adalah …

  • a. Man
  • Selected: b. Market. This answer is correct.
  • c. Methods
  • d. Materials
  • e. Money

Oke berarti kamu sudah melaksanakan semua fungsi dan tugas sebagai pelajar untuk dapat membaca dan memahami soal dengan baik dan teliti sehingga hasil apapun nantinya dalam ujian sebenarnya akan tergantung kamu, semoga kamu dapat berhasil dan good luck. Semoga bermanfaat dan mohon dibagikan kepada kolega kamu atau teman kamu agar tahu ini semuanya bermanfaat.

Baca juga:

Terima kasih karena kamu telah membaca, saya harap kamu dapat mendukung penuh sainsologi dengan cara subscribe ke channel sainsologi dan lihat konten menarik ini.

Sumber:

Elang
Penulis konten dengan memerhatikan strategi produksi konten agar tercapai tujuan SEO dan memberikan manfaat kepada pembaca dengan bacaan seringkas mungkin.