Beasiswa Luar Negeri Untuk Mahasiswa Berprestasi Indonesia

Beasiswa luar negeri menjadi program yang memiliki reputasi besar. Hal inilah yang membuat puluhan ribu mahasiswa mancanegara memperebutkannya tiap tahun. Beasiswa terbagi menjadi dua yakni beasiswa parsial dan beasiswa penuh. Pada beasiswa parsial hanya menutupi biaya studi dan tidak dengan uang saku dan akomodasi. 

Sementara beasiswa penuh menutupi kebutuhan pelajar dan mahasiswa selama menempuh pendidikan baik biaya kos, sekolah, biaya makan maupun minum, dan lainnya. Sehingga adanya beasiswa ini menjadi primadona dan menjadi hal yang diinginkan banyak orang.

Alasan Mahasiswa Mengejar Beasiswa Luar Negeri, Kendala Hingga Cara Mendapatkannya

Kuliah di luar negeri kini bukan hal yang sulit. Bahkan sudah menjadi tren dikalangan pelajar dari Tanah Air. Hanya saja tidak semua pelajar yang bisa mewujudkan impian karena beberapa batasan. Banyak pelajar mengejar cita-citanya di luar negeri bukan tanpa alasan yaitu sebagai berikut.

Kualitas Pendidikan

Salah satu alasan kenapa Anda harus mengikuti pendidikan di luar negeri karena sisi pendidikan. Perguruan di luar negeri memiliki kurikulum internasional sehingga membuat Anda memiliki standar pendidikan tinggi.

Dari sisi kelas, disana memiliki ukuran yang kecil sekitar 20 orang saja. Hal ini membuat proses belajar menjadi intens. Hal yang menjadi pertimbangan adalah dari segi fasilitas, karena perguruannya memiliki fasilitas lengkap dan lebih canggih dari Indonesia.

Pengalaman Internasional

Banyak mahasiswa yang melanjutkan kuliah ke luar negeri karena pengalaman internasionalnya sehingga mengejar beasiswa luar negeri. Anda akan secara langsung berinteraksi dan bertemu dengan orang yang beragam latar belakang. Lingkungan yang baru mengajarkan Anda tentang banyak hal dan cepat berkembang.

Bidang Studi Spesifik

Setiap orang memiliki tujuan akhir berkarier dan bekerja. Maka dari itu dunia industri memiliki hubungan terkait dunia keilmuan. Perkembangan dunia industri membuat kebutuhan tenaga ahli semakin meningkat terutama untuk yang memiliki ilmu yang spesifik. Hal inilah menjadi alasan banyak perguruan tinggi mulai menyesuaikan program tersebut.

Ada beberapa bidang yang belum ada di perguruan tinggi Indonesia. Kalaupun ada memiliki sifat general dan bukan program khusus. Sehingga banyak orang yang sadar akan kebutuhan bidang industri. Para mahasiswa mencoba mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

Kendala Kuliah di Luar Negeri

Salah satu kendala mendapatkan beasiswa luar negeri adalah dari segi bahasa, kurikulum dan budaya. Perbedaan itulah yang menjadi kendala baik di sistem pembelajaran hingga bahasa yang digunakan. Dengan mengikuti pendidikan di sana maka pelajar dapat lebih menguasai bahasa, dan memperoleh ilmu yang lebih tinggi secara internasional.

Sebagian orang juga memiliki kelemahan dari bidang keuangan dan ekonomi. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang mengejar beasiswa demi menempuh pendidikan di luar negeri. Banyak mereka yang mendalami bahasa asing dan beberapa cara lain dalam meningkatkan prestasi untuk mendapatkannya.

Tips dan Trik Mendapatkan Beasiswa

Bagi Anda yang ingin mendapatkan beasiswa ke luar negeri, ada tips dan trik yang dapat Anda terapkan.

  1. Jangan malu bertanya atau mencari informasi. Mulai dari penasihat akademik, profesor, dan dosen, Hal ini jika sekolah Anda terdapat bagian yang menangani studi luar negri.
  2. Pahami visi dan misi organisasi. Dapat dengan mencari tahu hal apa yang menjadi concern organisasi dan kumpulkan semua informasi tentang organisasi. Buat aplikasi Anda sesuai kebutuhan mereka.
  3. Buatlah daftar beasiswa yang Anda minati. Cari tahu jenis beasiswa luar negeri, kualifikasi, program studi, hingga deadline beasiswa.
  4. Pilih negara yang pelamarnya sedikit. Hal ini membantu Anda mendapatkan beasiswa untuk luar negeri.
  5. Masukkan lamaran Anda lebih awal. Semakin cepat mengumpulkannya maka semakin cepat peluang diperiksa akan lebih tinggi.
  6. Buatlan motivation letter yang anti mainstream. Karena ini selalu dibutuhkan dalam aplikasi beasiswa. Ceritakan fakta yang membuktikan bahwa Anda memang memiliki keinginan yang kuat.

Cara Mendapatkan Kuliah Luar Negeri Dengan Beasiswa

Dalam mendapatkan kesempatan kuliah luar negeri adalah dengan beasiswa. Selain itu didukung dengan prestasi akademik. Salah satu untuk mendapatkan beasiswa adalah mengikuti pelatihan dan bimbingan dari Schoters. Schoters ini memberikan kemudahan pada Anda dengan memberikan bimbingan bahasa inggris, bimbingan tes masuk kuliah luar negeri, bimbingan bahasa asing dan lainnya.

Dengan schoters.com maka semua impian Anda akan lebih mudah terwujud. Ikuti bimbingan persiapan beasiswa kuliah di luar negeri dan dapatkan beasiswa luar negeri dengan mendaftar di schoters.com. Layanan kursus dengan pengalaman dan profesional tinggi yang membantu kesulitan Anda.