Ini Dia Cara Mengecek Hasil Pengumuman SBMPTN 2021 dengan Mudah

Hasil Pengumuman SBMPTN 2021

Para peserta SBMPTN pasti sudah tidak sabar mengetahui hasil pengumumannya pada tanggal 14 Juni 2021. Pengumuman ini akan menentukan lolos tidaknya peserta dalam SBMPTN yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Penting untuk mengetahui cara mengecek hasil pengumuman SBMPTN 2021. Jadi, tidak akan kebingungan lagi untuk mengeceknya ketika sudah saatnya pengumuman.

Beginilah Cara Mengecek Hasil Pengumuman SBMPTN dengan Mudah

Siapkan Perangkat dengan Koneksi Memadai

Langkah pertama dalam cara mengecek hasil pengumuman SBMPTN 2021 dengan mudah adalah mempersiapkan perangkat berupa PC, Laptop, ataupun Handphone. Karena sistem pengumumannya online maka bisa mengecek langsung dari perangkat tersebut. Pastikan kondisinya normal dan sudah ada browser bawaan. Jika belum, silahkan unduh dan install terlebih dahulu.

Selain mempersiapkan perangkat, pastikan koneksi internet memadai. Hal ini penting agar proses pengecekan nanti bisa berjalan lancar tanpa ada kendala. Oleh karena itu, silahkan cek ping koneksi internet apakah stabil atau belum. Jika menggunakan jaringan seluler dan ternyata masih belum stabil. Bisa menggunakan jaringan wifi dengan kecepatan tinggi agar koneksi internet bisa stabil.

Buka Browser

Langkah kedua dalam cara mengecek hasil pengumuman SBMPTN 2021 dengan mudah adalah membuka browser yang sudah disiapkan. Jika belum memiliki browser, maka bisa mengunduh dan menginstall terlebih dahulu. Saat ini ada berbagai tipe browser yang ada di Internet dan dapat dipilih sesuai keinginan. Pilihlah browser yang sesuai dengan spesifikasi perangkat sehingga tidak membebani kinerjanya.

Jika sudah ada browser di perangkat, maka bisa langsung dibuka. Pastikan dulu browser yang dipilih dalam kondisi yang lancar dibuka. Jika ada halaman lain, bisa ditutup terlebih dahulu agar prosesnya bisa berjalan lancar. Selain itu, jangan lupa menghapus file cache agar performa browser bisa kembali stabil. Jika semua sudah dilakukan, maka bisa masuk ke langkah selanjutnya.

Buka Link Pengumuman SBMPTN

Langkah ketiga dalam cara mengecek hasil pengumuman SBMPTN 2021 dengan mudah adalah membuka link pendaftarannya. Silahkan buka link pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id di browser. Setelah itu, tunggu tampilan websitenya muncul. Hal ini tergantung dari kecepatan koneksi internet di masing-masing perangkat. Jika sudah, tampilan link akan muncul  untuk menginput nomor peserta dan tanda lahir.

Jika link gagal terbuka, maka bisa dipastikan koneksi internet tidak stabil atau browser error. Jika koneksi internet tidak stabil, silahkan putuskan dulu sambungan internet untuk kemudian dihubungkan kembali. Kalau browser error, maka silahkan tutup dulu untuk sementara. Buka kembali dan hapus file cache dan history agar kinerjanya jauh lebih ringan.

Input Nomor peserta dan Juga Tanggal Lahir

Langkah keempat dalam cara mengecek hasil pengumuman SBMPTN 2021 dengan mudah adalah menginput nomor pendaftaran di kolom pertama. Nomor pendaftaran sendiri sudah pasti dimiliki peserta SBMPTN. Nomor ini terdiri dari 10 digit dan ada di kartu peserta SBMPTN. Silahkan input nomor ini dengan tepat tanpa kekeliruan,

Setelah memasukkan nomor pendaftaran, langkah selanjutnya menginput tanggal lahir masing-masing Format inputnya sendiri adalah tanggal, bulan, dan tahun. Inpur juga tanggal lahir ini dengan tepat dan jangan sampai salah. Jika salah, maka akan muncul tampilan error karena sistem tidak menemukan data peserta. Jadi, pastikan kedua hal ini sudah diinput dengan benar dan juga tepat.

Tunggu Prosesnya sampai Selesai

Langkah terakhir dalam cara mengecek hasil pengumuman SBMPTN 2021 dengan mudah adalah menunggu prosesnya sampai selesai. Jika input nomor pendaftaran dan tanggal lahir sudah benar serta koneksi internet stabil, maka pengumuman akan cepat keluar. Kalau ternyata masih error, ada kemungkinan websitenya sedang down. Untuk mengatasinya bisa menggunakan server mirror.

Buka Situs Alternatif jika Situs Utama Error

Langkah ini adalah cadangan kalau situs utama untuk mengecek pengumuman SBMPTN error dan tidak bisa dibuka. Padahal sudah menginput nomor pendaftaran dan tanggal lahir dengan tepat. Hal ini bisa disebabkan penuhnya server akibat banyak yang mengakses. Agar tetap bisa mengecek pengumumannya, silahkan akses situs alternatifnya.

Ada 12 situs mirror yang bisa digunakan untuk mengecek pengumuman SBMPTN. Situs ini memiliki format berupa https://sbmptn.namakampus.ac.id. Untuk nama kampus bisa diisi: unsyiah, unand, unsri, ipb, itb, ui, undip, ugm, its, unair, untan, unhas. 12 kampus ini bisa dipilih salah satu yang dirasa servernya stabil. Jika situs yang dipilih error, maka bisa memilih lainnya.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai cara mengecek hasil pengumuman SBMPTN 2021 dengan mudah. Jika lolos, maka segeralah mendaftar ulang sesuai dengan ketentuan universitas masing-masing. Kalau tidak lolos, maka bersabarlah dan jangan menyerah. Peserta bisa mencoba lagi tahun depan atau mengikuti seleksi di perguruan tinggi lain di luar jalur SBMPTN.

Exit mobile version