Manfaat Energi Matahari bagi Manusia

Selain sebagai sumber energi dan sumber cahaya bumi yang paling besar, manfaat matahari sangatlah beragam. Tak hanya bagi manusia, matahari juga bermanfaat bagi seluruh makhluk hidup di dunia, seperti hewan dan juga tumbuhan.

Energi yang dihasilkan matahari bermanfaat untuk keberlangsungan hidup seluruh makhluk hidup yang ada di duni. Enegri yang dihasilkan tersebut terbagi menjadi dua jenis, yaitu energi panas dan juga cahaya. Energi tersebut membuat bumi terasa lebih hangat dan udara serta air mengalami daur ulang karena cahayanya. 

Selain itu masih banyak lagi manfaat matahari bagi makhluk hidup khususnya manusia. Berikut beberapa manfaatnya:

Manfaat Matahari bagi Manusia

Matahari atau Surya adalah bintang yang ada di pusat tata surya. Bentuk bulatnya yang hampir sempurna tersebut terdiri dari plasma panas bercampur dengan medan magnet di dalamnya.

Peranan penting matahari di dunia ini adalah untuk menyinari bumi. Ketika bumi tidak disinari oleh matahari, maka banyak aktifitas yang tidak akan berjalan dengan sempurna bahkan aktifitas tersebut terhambat.

Apabila matahari tak bersinar, seluruh tanaman akan gagal melakukan fotosintesis. Lalu suhu bumi juga akan berubah secara drastis, dan banyak hal lainnya yang terhambat.

Oleh karena itu, matahari sangatlah bermanfaat bagi manusia. Selain untuk menerangi bumi, apa saja manfaat matahari lainnya? Berikut manfaat matahari bagi manusia.

1. Sebagai Tenaga Surya

Energi tenaga surya yang biasa digunakan oleh manusia berasal dari pembangkit tenaga listrik yang menggunakan bahan bakar fosil. Namun penggunaan bahan bakar fosil ini menyebabkan peningkatan suhu bumi dan pemanasan global.

Penggunaan matahari sebagai tenaga surya merupakan pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan matahari mengeluarkan energi yang termasuk ke dalam jenis sumber energi tak terbatas. Sehingga manusia terus mengupayakan cara mengoptimalkan sumber daya matahari agar bermanfaat bagi manusia.

2. Sebagai Sumber Cahaya Bumi

Listrik merupakan sumber energi yang mahal, dengan adanya sinar matahari di bumi waktu siang hari dapat memberikan manfaat bagi manusia. Cahaya yang dihasilkan matahari ini dapat menjaga temperatur bumi agar tetap hangat. 

3. Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain bermanfaat untuk memberikan cahaya dan kehangatan bagi manusia, energi yang dihasilkan oleh matahari juga dapat menurunkan tekanan darah manusia. Berdasarkan salah satu jurnal yang dirilis oleh Journal of Investigate Dermatology Suggest, sinar UVA yang terpapar dari sinar matahari dapat melebarkan pembuluh darah manusia. Paparan tersebut dapat memberikan ruang yang luas bagi darah agar dapat mengalir secara normal.

4. Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur

Paparan cahaya di malam hari dapat mengganggu produksi hormon tidur melatonin. Sedangkan cahaya pada siang hari dapat membantu tubuh agar dapat mengatur jam internal yang dapat memastikan bahwa tubuh memproduksi melatonin yang cukup di malam hari. Bahkan, ketika siang hari terpapar matahari dengan energi yang cukup banyak, setiap orang akan mengalami kualitas tidur yang lebih baik.

5. Menghasilkan Vitamin D

Vitamin D adalah salah satu nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh seseorang. Vitamin D juga sering disebut sebagai Vitamin Sinar Matahari. Hal ini dikarenakan matahari merupakan sumber nutrisi yang paling baik diantara vitamin lainnya. Vitamin D yang dihasilkan sinar matahari ini sangat dibutuhkan oleh manusia di masa pandemi Covid-19 saat ini.

6. Membuat Kulit Lebih Sehat

Selain itu, Vitamin D yang dihasilkan oleh matahari juga dapat membuat kulit lebih sehat. Menurut The Institute of Medicine, seseorang setiap hari harus menerima Vitamin D dalam tubuh mereka sejumlah 4000-9000 IU/hari. Oleh karena itu, seseorang dianjurkan untuk berjemur pada matahari pagi selama 15 menit. 

7. Efektif Turunkan Berat Badan

Sinar UV yang dihasilkan oleh energi matahari juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Energi matahari tersebut dapat mengubah kolesterol yang ada di dalam tubuh seseorang menjadi Vitamin D. Jadi, sinar UV matahari sangat cocok untuk yang mau menurunkan berat badan dengan efektif dan alami tanpa menggunakan bahan-bahan berbahaya.

8. Bantu Tingkatkan Imun Tubuh

Manfaat dari matahari yang selanjutnya yaitu matahari dapat membantu seseorang meningkatkan imun tubuh mereka. Seorang peneliti asal Georgetown University Medical Center telah menemukan penelitian bahwa sinar UV dari matahari memberikan energi pada sel T yang memainkan peran penting dalam kekebalan manusia.

Berdasarkan penemuan tersebut dapat disimpulkan bahwa sinar matahari dapat berperan secara langsung untuk mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh dengan meningkatkan gerakan sel tersebut. Sel-sel yang ada di dalam tubuh perlu melakukan pergerakan atau pekerjaan mereka dengan cara mencapai tempat infeksi dan mengatur respons kekebalan tubuh.

9. Buat Tulang Lebih Kuat

Vitamin D dapat membantu memperkuat susunan tulang di dalam tubuh. Oleh karena itu, sinar matahari yang menghasilkan Vitamin D juga dapat menyehatkan serta memperkuat tulang di dalam tubuh. Paparan sinar matahari tersebut juga dapat membentuk kalsium dan menjaga kadar fosfor di dalam darah.