Sisko Sistem Informasi Mudahkan Proses Pengerjaan Administrasi Sekolah

Sisko Sistem Informasi Mudahkan Proses Pengerjaan Administrasi Sekolah (pinterest.id)

Administrasi sekolah merupakan bagian penting yang harus diselesaikan dengan baik. Kini semua sekolah memanfaatkan SISKO atau Sistem Informasi Sekolah Berbasis Online. Dalam hal ini proses administrasi yang sangat melelahkan dan tidak bisa dianggap remeh.

Penggunaan sistem informasi tersebut memberikan kemudahan dalam menyelesaikan proses administrasi. Sistem tersebut bisa dilakukan mulai dari penerimaan siswa baru, laporan keuangan siswa, presensi, raport, dan lain sebagainya. Bahkan membantu seluruh kegiatan dan sarana pendukung pembelajaran dengan lebih sederhana.

Mengenal Sisko (Sistem Informasi Sekolah)

Ada dua jenis sistem informasi sekolah yang bisa digunakan dalam keseharian, yakni:

Sistem Informasi Sekolah Berbasis Online

Jenis pertama yang bisa Anda gunakan adalah sistem informasi sekolah berbasis online. Sudah terinstal atau terpasang pada suatu server dari pihak sekolah. Hal ini terhubung dengan server milik kementerian kebudayaan.

Sistem Informasi Sekolah Cloud

Jenis kedua adalah sistem cloud yang langsung bisa digunakan sekolah karena sudah disediakan oleh vendor. Adanya sistem ini sekolah tak perlu melakukan instalasi sistem atau perangkat khusus. Apabila perangkat sudah terhubung ke internet maka sistem tetap bisa diakses dengan mudah.

Adapun manfaat dari Sisko yang bisa Anda dapatkan, sebagai berikut.

Meningkatkan Kualitas SDM

MAnfaat pertama yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan sistem tersebut semakin lebih cepat. Bahkan pengerjaan administrasi tidak lagi manual tetapi sudah secara otomatis. Dalam hal ini mampu meningkatkan kualitas SDM mulai dari guru, tenaga pendidik, dan lain sebagainya.

Tentunya pengerjaan administrasi sekolah jauh lebih efektif. Dalam hal ini membantu pengembangan sarana dan prasarana sekolah menjadi lebih unggul. Sekolah juga memiliki banyak waktu untuk mengembangkan kredibilitasnya.

Menghemat Budget

Sekolah memiliki anggaran khusus untuk melengkapi administrasi. Menggunakan sistem informasi sekolah ini menghemat biaya pengeluaran sekolah. Biasanya administrasi menggunakan kertas namun keberadaan aplikasi sangat membantu proses pengerjaan yang lebih mudah.

Penggunaan aplikasi ini termasuk dalam pengerjaan kuis, tes, peran nilai, dan masih banyak lagi. Sehingga tidak lagi menggunakan kertas. Tak heran jika tidak adanya penggunaan kertas membuat sekolah lebih ramah lingkungan.

Sekolah Mengalami Modernisasi

Sisko merupakan aplikasi penunjang industri 4.0 yang sudah hampir semua sekolah miliki. Bahkan menjadi bagian terpenting untuk menunjang pekerjaan terutama mengurus administrasi sekolah. Sudah terbukti dengan adanya penerapan teknologi pada saat belajar mengajar.

Teknologi tersebut bisa banyak sekolah manfaatkan untuk melakukan branding. nantinya tersedia dalam bentuk pengenalan sekolah modern atau sekolah 4.0. Hal ini memberikan dampak positif ada sekolah melalui aplikasi sistem informasi sekolah.

Manajemen Data yang Lebih Profesional

Penggunaan aplikasi administrasi sekolah secara otomatis membantu pengolahan data agar lebih rapi dan tertata. Apalagi adanya bantuan fitur pada sistem aplikasi memberikan kemudahan bagi semua penggunanya. Perbaikan manajemen data bisa ditingkatkan untuk membuat sekolah tampak lebih profesional dan memiliki tata kelola yang rapi.

Tersedia banyak fitur untuk membantu efisiensi pelayanan sekolah. Tak hanya sebagai media belajar mengajar tetapi juga laporan perkembangan yang siswa juga orang tua bisa akses. Bahkan termasuk pengelolaan pada riwayat kesehatan siswa hingga pemberitahuan sekolah yang bisa semua orang akses.

Salah satu hal yang bisa Anda gunakan adalah pijar sekolah. Merupakan sistem yang membantu proses administrasi dengan lebih baik. Sudah terhubung dengan Telkom yang memberikan dukungan terbaik dan menciptakan pembelajaran digital masa kini.

Mengenal sistem Sisko memberikan berbagai manfaat yang bisa meningkatkan kinerja dan kualitas sekolah. Kini banyak sekolah yang menggunakannya demi mempermudah proses administrasi.