6 Contoh Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia

Tumbuhan, hewan dan manusia adalah macam-macam makhluk hidup yang mengisi bumi ini. Semuanya hidup terkait dan saling memberikan manfaat untuk makhluk hidup yang lain. 

Tumbuhan menjadi salah satu makhluk hidup yang paling sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Tumbuhan memiliki manfaat yang sangat penting bagi manusia dan lingkungan di sekitar. Tumbuhan juga dianngap sebagai sumber daya penting karena kemampuannya untuk menopang kehidupan manusia di Bumi. 

Manusia pada dasarnya memiliki sangat terkait dan senantiasa membutuhkan tumbuhan dalam kehidupannya. Tumbuhan membantu manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan mulai dari dari papan, sandang, hingga pangan. 

Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia

Berikut beberapa pembahasan mengenai manfaat tumbuhan yang dapat membantu kita menyadari pentingnya keberadaan tumbuhan di Bumi ini:

1. Penyerap Polutan atau Karbon dioksida

Tumbuhan adalah makhluk penghasil oksigen yang diperlukan oleh manusia, dan makhluk hidup lainnya. Pada proses fotosintesis tumbuhan menghasilkan suatu gas oksigen dan gula yang merupakan cadangan makanan. 

Selain itu, tumbuhan juga mampu menyerap gas Karbon dioksida yang ada di udara. Gas Karbon dioksida atau polutan merupakan salah satu jenis gas beracun dan berbahaya bagi manusia yang dihasilkan dari berbagai macam kegiatan manusia. Adanya ruang hijau di kawasan industri dapat membantu menyerap polutan yang ada dan membantu meningkatkan kualitas udara.

2. Mengatasi Masalah Iklim

Pemanasan global, mencairnya es, naiknya air laut merupakan masalah-masalah iklim yang kerap kali menjadi masalah bagi umat manusia. Karbon dioksida yang dihasilkan oleh berbagai kegiatan manusia juga menjadi faktor terjadinya masalah iklim. 

Namun, masalah iklim dapat diatasi dengan keberadaan tumbuhan. Tumbuhan mengambil Karbon dioksida dan melepaskan oksigen melalui proses fotosintesis. Karbon dioksida  merupakan salah satu bahan penyusun jaringan baru seperti batang, cabang, daun, dan akar yang berfungsi sebagai penyimpan karbon. 

Sehingga semakin banyaknya keberadaan tumbuhan di muka Bumi ini, maka kemungkinan besar masalah iklmim dapat diatasi. 

3. Sumber Makanan dan Obat-obatan 

Salah satu manfaat terbesar tumbuhan bagi manusia yaitu sebagai sumber makanan. Mulai dari batang, daun, akar, bunga, hingga buahnya dapat dikonsumsi oleh manusia sebagai sumber makanan atau minuman. 

Selain itu, tumbuhan juga berperan penting dalam bidang pengobatan. Banyak obat-obatan yang berasal dari tumbuhan dan terbukti mampu mengatasi sejumlah masalah kesehatan.

4. Meningkatkan Mood

rasa stress serta mood yang menurun merupakan hal yang wajar dialami oleh manusia, untuk mengatasi masalah ini ternyata tumbuhan juga mengambil peran. Lavender serta beberapa jenis tumbuhan lain dipercaya dapat meningkatkan mood dan mengurangi tingkat stress pada seseorang. 

Beberapa jenis tumbuhan tersebut dapat membantu manusia mendapatkan ketenangan baik dari aroma, warna maupun bentuknya. Sheingga tak heran banyak manusia yang mulai memelihara tanaman tersebut. 

5. Meningkatkan Konsentrasi

Tumbuhan memiliki manfaat untuk mengendalikan suhu di suatu wilayah. Daerah yang banyak ditanami pohon cenderung memiliki suhu yang lebih rendah, udara yang segar serta sensasi nyaman. Suasana inilah yang dapat memberikan manfaat positif serta membantu meningkatkan konsentrasi manusia yang tinggal di daerah tersebut. 

6. Bahan Bangunan dan Alat Transportasi

Pernahkah kamu melihat mangkuk, sudip, atau piring dari kayu. Kayu merupakan batang pohon yang berasal dari tumbuhan. Sebagaimana kita tahu sejak lama, manusia menggunakan kayu dari tumbuhan untuk bahan bangunan, dimana bisa dijadikan tiang penyangga hingga atap rumah.

Kayu dari tumbuhan kerap dipakai sebagai bahan bakar misalnya untuk memasak atau bahan bakar industri. Manfaat lain dari kayu yaitu digunakan sebagai bahan pembuatan transportasi seperti gerobak dan kapal. 

Tanaman yang Bermanfaat bagi Manusia

Terdapat berbagai jenis tumbuhan yang memiliki beragam manfaat bagi manusia, namun berikut 10 tumbuhan yang memiliki segudang manfaat dan kerap digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari: 

1. Buaya

Tanaman satu ini menjadi tanaman yang paling umum ditanam oleh banyak orang, lidah buaya kaya akan vitamin dan berbagai mineral baik yang penting bagi tubuh. Tanaman ini dapat membantu mengatasi masalah kulit kering, kulit berjerawat, mempercepat penyembuhan luka, meredakan gatal dan ruam kronis serta berbagai manfaat lainnya. 

2. Temulawak

Temulawak adalah salah tanaman asli Indonesia yang bentuknya mirip dengan kunyit, tanaman herbal ini sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia akan manfaatnya. Berikut beberapa manfaat temulawak bagi manusia:

  1. Antioksidanyang ada di dalamnya membantu menangkal radikal bebas.
  2. Membantu meredakan nyeri ketika haid.
  3. Mengobati masalah jerawat pada kulit. 
  4. Menurunkan jumlah kolesterol jahat (LDL) serta bisa meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL).
  5. Mengatasi radang sendi serta nyeri sendi.

3. Bawang Putih

Bawang putih menjadi salah satu bumbu dapur favorit untuk menambah aroma dan cita rasa yang kuat pada masakan. Selain sebagai bahan dapur, bawang putih punya banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat bawang putih dalam bidang kesehatan:

  1. Mencegah penyakit kanker.
  2. Mengobati penyakit karena bakteri.
  3. Menyembuhkan penyakit karena peradangan.
  4. Mengobati berbagai jerawat.

4. Jahe

Sebab sejak berabad-abad lamanya, tanaman herbal ini sudah dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Jahe termasuk salah satu rempah-rempah yang paling sehat di dunia sehingga banyak orang yang menginginkannya dalam bentuk utuh ataupun bubuk. Berikut manfaat jahe bagi kesehatan: 

  1. Menurunkan hipertensi/ tekanan darah tinggi.
  2. Membantu melancarkan pencernaan.
  3. Menetralkan masalah lambung.
  4. Menangkal radikal bebas.
  5. Meredakan rasa sakit.
  6. Mencegah penyakit kanker.
  7. Mencegah penyakit alzheimer.
  8. Mengobati penyakit tifus.
  9. Mencegah penyakit anemia.
  10. Menurunkan resiko penyakit diabetes.

Demikian pembahasan mengenai peran penting tumbuhan bagi manusia serta beberapa contoh tumbuhan yang banyak digunakan oleh manusia karena manfaatnya yang beragam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda.