Ini Baru Karya Anak Bangsa yang Mendunia

Tidak ada yang tahu bahwa Indonesia mempunyai kekuatan yang luar biasa dari bangsa yang hebat dan mau membangun Indonesia
karya anak bangsa yang membanggakan dan mendunia Indonesia

Meski Indonesia sering dianggap sebagai negara yang kecil, namun tidak dengan karyanya. Faktanya ada banyak orang hebat di Indonesia yang justru berhasil membuat karya dan membungkam dunia. Namun sayangnya, karya Indonesia yang mendunia tersebut tidak dikembangkan dengan baik.

Mungkin beberapa dari kamu bingung tentang apa saj akarya anak bangsa yang benar-benar mendunia, karena jika dilihat dari sejarahnya Indonesia kurang begitu terkenal eksposurnya sebagai negara pencipta inovasi.

Tapi setelah kita telusuri, ternyata penemuan oleh bangsa Indonesia ini memberikan manfaat yang luar biasa bagi dunia, salah satunya seperti teknologi pondasi cakar ayam dalam infrastruktur pembangunan.

Lalu apa lagi yang ada selanjutnya mengenai karya anak bangsa? Sudah terlalu banyak dan kamu akan mengetahuinya setelah ini, tetaplah bangga terhadap Indonesia, dan cintailah negara ini di manapun kamu berada, entah walaupun kamu sudah pindah warga negara.

Karena kita semua harus tahu nilai bangsa Indonesia ini besar, kemajuan Indonesia hanya bisa diraih apabila bangsanya maju.

Buat kamu yang penasaran, berikut ini adalah beberapa karya orang-orang hebat yang berhasil membuat orang luar negeri terpukau oleh Indonesia.

Karya anak bangsa yang mendunia, inovatif!

Teknologi Pondasi Cakar Ayam

Dalam suni konstruksi, Indonesia memiliki Prof.Dr.Ir.Sedyatmo yang merupakan penemu teknologi pondasi cakar ayam. Pondasi ini di beri nama cakar ayam karena memang mirip dengan kaki ayam. Teknologi ini merupakan salah satu teknologi paling canggih dalam dunia konstruksi.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Pemerintahan Gus Dur

Teknologi cakar ayam dapat mengurangi tekanan bangunan terhadap pondasi tanah hingga 80% dari berat beban bangunannya. Sontak saja teknologi ini membuat kaget orang asing, bahkan beberapa negara Eropa seperti Belanda, Prancis dan lainnya mengadopsi teknologi ini untuk beberapa konstruksi bangunan di negaranya.

Hal ini membuat nama Prof.Dr.Ir.Sedyatmo kian dikenal di dunia. Namun sayangnya, di Indonesia teknologi ini jarang sekali digunakan. Malahan banyak yang menggunakan ahli konstruksi dari negara lain. Padahal negara lain juga banyak belajar dari Indonesia.

Metode Sosrobahu

Masih dalam dunia konstruksi, namun kali ini di bidang konstruksi jalan layang. Ir. Tjokorda Raka Sukawati, merupakan orang yang ahli dalam bidang ini. Dimana dia berhasil menemukan metode sosrobahu untuk pembangunan jalan layang.

Baca juga: Daftar Sekolah Termahal di Indonesia SPP Seharga Rumah

Metode ini merupakan salah satu teknologi terbaru yang digunakan dalam dunia konstruksi jalan. Metode sosrobahu ini dapat digunakan untuk membuat jalan layang dengan lebih mudah dan lebih efektif. Bahkan meski lalu lintas di bawahnya sedang berjalan, proyeksi pengerjaannya bisa tetap berjalan tanpa mengganggu lalu lintas di bawahnya.

Metode sosrobahu ini banyak dikagumi oleh bangsa luar, salah satunya bahkan digunakan ketika pembangunan jembatan di Seattle, Amerika Serikat. Bahkan bukan itu saja, metode ini juga berhasil mendapatkan lisensi hak paten dari beberapa negara seperti Malaysia, Jepang dan Filipina.

Teori Keretakan Pesawat

Pada tahun 1990 menjadi awal tahun perdana bagi BJ. Habibie membuktikan kemampuannya di tingkat dunia. Dimana pada tahun-tahun tersebut sering sekali beberapa maskapai penerbangan yang mengalami kerusakan konstruksi yang tidak terdeteksi dengan baik.

Kelelahan pada pesawat tidak bisa di deteksi karena kekurangan peralatan yang dimiliki pada masa itu. Bagian pesawat yang paling rentan sekali terjadi kerusakan adalah pada bagian sambungan pesawat dan body pesawatnya.

Namun berkat kejeniusan BJ.Habibie bisa menemukan titik kelelahan pada pesawat serta menemukan solusinya yang tepat. BJ.Habibie memperhitungkan semuanya dengan baik dan rinci yang bahkan tidak bisa di temukan insinyur senior kala itu. Hal ini sontak membuat dunia Internasional menyorotinya. Hingga ia ditawari untuk mengerjakan proyek pesawat terbang dalam negeri.

Gojek

Gojek adalah salah satu inovasi anak bangsa yang juga begitu mendunia. Gojek menjadi salah satu start-up yang boleh diperhitungkan dengan baik. Karya Nadiem Makarim yang sekarang menjabat sebagai Menteri Pendidikan sekarang ini membuat banyak investor dunia merasa ngiler dibuatnya.

Bagaimana tidak, sejak rilis tahun 2010 hingga saat ini gojek berhasil tumbuh dan berkembang dengan baik. Semua orang Indonesia bahkan mengenal gojek dengan baik. Bahkan aplikasi Gojek sudah di unduh lebih dari 10 juta orang pengguna.

Bahkan kini Gojek mulai mengembangkan sayapnya ke negara-negara ASEAN lainnya seperti Malaysia dan Singapura.

Batik

Batik bukan hanya menjadi karya anak bangsa saja, melainkan sudah menjadi identitas asli Indonesia. Ketika kamu berangkat ke luar negeri maka pasti orang-orang sana akan meminta batik sebagai oleh-oleh dari Indonesia.

Batik bahkan juga sudah di akui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Baik memang hanya ada dan bisa di temukan di Indonesia. Dengan ciri khas gambar dan gaya desainnya sontak membuat banyak orang tertarik dibuatnya.

Apalagi beberapa artis Indonesia banyak yang dengan getolnya memperkenalkan batik sebagai salah satu produk terbaik asli Indonesia. Keunikan desain dan bahannya membuat banyak orang luar negeri terpesona. Bahkan tidak sedikit lho bule yang melancong ke tanah air hanya ingin tahu batik asli Indonesia.

Itulah beberapa karya Indonesia yang mendunia hingga saat ini. Namun sayangnya, beberapa karya anak bangsa ini sekarang tidak di kembangkan dengan baik.

Sumber: Metode Sosrobahu Wiki

Exit mobile version