Rangkuman Materi IPA Lengkap Kelas 6 SD/MI (Bab 7-11)

Rangkuman materi kelas 6 untuk pelajaran IPA tentunya juga mencangkup tentang gaya dan gerak pada suatu benda. Sehingga nantinya akan mudah memahami untuk pengukuran gaya maupun juga adanya glosarium yang dapat membuat orang-orang lebih memahami apa saja yang memang sangat penting pada suatu pembahasan itu dilakukan.

Selain itu juga materi yang ada pada kelas 6 untuk pelajaran IPA diberikan secara lengkap dan membahas tentang bagian energi. Baik itu dari arus listriknya maupun juga tentang perubahan energi, serta kebermanfaatannya dengan sangat lengkap. Sehingga akan memudahkan untuk memahami setiap materi yang telah diberikan. Kemudian juga akan adanya arahan untuk membuat karya maupun model dalam penerapan energi listrik. Tentunya akan banyak gagasan yang diperlukan dalam merancang dan membuat bel pada listrik.

Pada materi pelajaran IPA untuk kelas 6 SD juga sudah mempelajari tentang sistem tata surya. Hal itu tentunya sangat menarik sehingga para murid juga akan mulai memahami tentang apa saja yang ada pada sistem tata surya tersebut. Baik itu berkaitan dengan matahari maupun tentang planet-planet yang akan membuka cakrawala anak-anak.

Rangkuman materi secara lengkap ini Tentunya memberikan pembahasan yang lengkap tentang benda-benda langit sehingga akan sangat menarik untuk dipelajari lebih lanjut. Begitu pula tentang rotasi bumi maupun revolusi dari bumi sehingga pembahasannya lebih detail ada juga glosarium yang akan memberikan pemahaman secara lebih mendalam lagi untuk memahami setiap pembahasan yang diberikan nantinya.

Pada setiap pembelajaran dari materi IPA ini didapatkan, tentunya akan memberikan banyak sekali keuntungan karena setiap hal yang dipelajari dari materi tersebut diberikan secara mendasar dan juga memiliki urutan. Hal itu akan mudah dipahami dan dapat dicerna dengan baik oleh anak-anak khususnya para murid kelas 6 SD.

BAB 7 Gaya dan Gerak Benda

A. PENGARUH GAYA TERHADAP BENDA

Gergaji bergerak maju dan mundur akibat didorong dan ditarik oleh tukang. Dorongan dan tarikan yang dilakukan oleh tukang kayu merupakan gaya. Gaya tidak dapat dilihat namun pengaruhnya dapat dirasakan. Apabila kita melihat gerakan mendorong, menarik, dan mengangkat benda, kita merasa ada sejumlah gaya yang diperlukan gerakan tersebut. Gaya menyebabkan benda bergerak, berhenti bergerak, berubah arah, dan berubah bentuk.

Dalam kehidupan sehari-hari banyak kejadian yang menerangkan bahwa gaya dapat menyebabkan benda bergerak, misalnya peristiwa membuka dan menutup pintu. Pintu bergerak membuka dan menutup karena terkena gaya yang berupa dorongan dan tarikan.

B. PENGUKURAN GAYA

Sekarang ada cara pengukuran gaya yang mudah yaitu dengan menggunakan alat pengukur gaya. Alat pengukur gaya itu disebut dinamometer. Satuan untuk gaya adalah kilogram force (kgf). Selain itu gaya juga dapat dinyatakan dengan satuan newton atau dyne. Hubungan antara ketiga satuan tersebut adalah 1 kgf = 9,8 newton. Sedangkan 1 newton = 105 dyne.

GLOSARIUM

  • dinamometer : alat pengukur besarnya gaya.
  • gaya : kekuatan (kesanggupan) untuk berbuat. Gaya juga
  • diartikan sebagai tarikan dan dorongan.
  • kilogram force : satuan untuk gaya, sering disingkat kgf; satuan yang lain
  • newton (N) atau dyne.

BAB 8: Energi Listrik

A. ARUS LISTRIK DALAM RANGKAIAN TERTUTUP DAPAT MENYALAKAN LAMPU

Arus listrik adalah muatan listrik yang mengalir melalui uatu penghantar. Aliran listrik terjadi karena adanya beda potensial atau tegangan antara kedua ujung suatu penghantar.

Besar tegangan listrik dinyatakan dengan satuan volt. Alat untuk mengukur tegangan listrik disebut voltmeter.

Arus listrik mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah. Besar arus listrik dinyatakan dengan ampere. Alat untuk mengukur besar kecilnya arus listrik disebut amperemeter.

B. ARUS LISTRIK DAPAT MENGALIR MELALUI BENDA-BENDA TERTENTU

Arus listrik adalah muatan listrik yang mengalir. Arus listrik dapat mengalir bila ada penghantar yang menghubungkan sumber listrik dengan alat-alat listrik

Pada alat-alat listrik, kabel berfungsi sebagai penghantar arus listrik. Dengan adanya kabel, arus dari sumber listrik dapat mengalir sehingga peralatan listrik dapat berfungsi atau bekerja. 

Benda yang dapat menghantarkan listrik disebut konduktor. Sedangkan benda atau bahan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik disebut isolator. Tahukah kamu mengapa pegangan alat-alat listrik terbuat dari plastik atau ebonit? Plastik dan ebonit termasuk isolator. Dengan demikian kita terhindar dari aliran listrik.

Arus listrik yang mengalir melalui penghantar akan mengalami hambatan. Hambatan arus listrik dapat diukur dengan alat ohmmeter.Satuan hambatan adalah ohm.

C. PERUBAHAN ENERGI LISTRIK DAN MANFAATNYA

Salah satu bentuk energi adalah energi listrik. Energi listrik banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Energi listrik dapat diubah menjadi energi gerak, panas, cahaya, bunyi, dan gaya magnet.

Energi listrik dapat diubah menjadi energi gerak, contohnya adalah kipas angin, bor listrik, mikser(alat pengaduk adonan roti), gerinda listrik, mesin cuci, mesin jahit listrik, dan pompa air.

Energi listrik dapat diubah menjadi energi panas, contohnya setrika listrikkompor listrik, soldir, dan rice cooker.

Energi listrik dapat diubah menjadi energi cahaya, contohnya lampu pijar. 

Energi listrik dapat diubah menjadi energi bunyi, contohnyaadalah radio. Komponen elektronika padaradio jika dialiri arus listrik akan bekerja sehingga menghasilkan suara melalui pengeras suara atau loudspeaker.

Energi listrik dapat diubah menjadi energi magnet, Magnet yang ditimbulkan oleh arus listrik disebut magnet listrik atauelektromagnet. Elektromagnet digunakan pada motor listrik,telepon, bel listrik, telegraf, dan alat pengangkat benda-benda besi. Berbagai macam mainan anak-anak banyak juga yangmenggunakan energi listrik, misalnya pistol mainan, mobilmobilan,robot mainan, pesawat terbang mainan, dan video game.

Untuk memudahkan dalam memutus dan mengalirkan arus listrik pada alat listrik di pasang sakelar. Sakelarberguna untuk menyambung dan memutuskan arus listrik.

D. PENGHEMATAN ENERGI LISTRIK

Makanan merupakan salah satu sumber energi. Karena energi itulah kita dapat melakukan kegiatan, karenatiap hari kita makan. Tahukah kamu bahwa bahan bakaritupun juga merupakan sumber energi?

Perhatikan gambar di atas. Kendaraan bermotor, seperti mobil dan sepeda motor dapat bergerak karena di dalam mesin terjadi pembakaranbahan bakar. Bahan bakar kendaraan bermotor, misalnyabensin dan solar. Bensin dan solar yang dibakar menghasilkanenergi panas. Energi ini menyebabkan kendaraan bermotor dapat bergerak.

Bensin dan solar termasuk minyak bumi. Minyak bumi berasal dari fosil dan jasad renik yang tertimbun tanah. Pembentukanminyak bumi membutuhkan waktu yang sangatlama, sampai berjuta-juta tahun.

GLOSARIUM

  • amperemeter : alat untuk mengukur besar kecilnya arus listrik.
  • arus listrik : muatan listrik yang mengalir.
  • beda potensial : disebut juga tegangan, adalah selisih gaya listrik
  • antara dua titik.
  • elektromagnet : magnet yang timbul karena adanya aliran listrik.
  • isolator : bahan atau benda yang tidak dapat menghantarkan
  • listrik.
  • konduktor : benda yang dapat (baik) menghantarkan listrik.
  • krisis energi listrik : jumlah energi listrik menipis (semakin langka).
  • listrik dinamis : listrik yang dapat mengalir, seperti pada listrik
  • PLN, dinamo, baterai, dan aki.
  • listrik statis : listrik tidak mengalir, misalnya muatan listrik
  • pada kaca dan plastik.
  • ohmmeter : alat untuk mengukur hambatan listrik.
  • rangkaian listrik terbuka : rangkaian listrik yang tidak terjadi aliran arus
  • listrik.
  • rangkaian listrik tertutup : rangkaian listrik yang telah terjadi aliran arus listrik.
  • sakelar : alat listrik yang berguna untuk memutus dan menyambung
  • aliran listrik.
  • voltmeter : alat untuk mengukur tegangan listrik.

BAB 9: Membuat Karya (Model) Penerapan Energi Listrik

A. MERANCANG DAN MEMBUAT SIRENE

1. Gagasan 

Sirene merupakan peralatan listrik yang dapat menimbulkansuara khas dan memberikan kesan tersendiri bagi orang yang mendengarkannya. Pada umumnya raungan suara sirene mengingatkan kita pada suatu keadaan darurat dan memerlukan perhatian khusus. Sirene dapat digunakan sebagai peringatan dan tanda bahaya, misalnya peringatan adanya bahaya banjir, kebakaran, dan keadaan darurat lainnya. Sirene sangat diperlukan bagi seseorang ketika menghadapi keadaan darurat. Oleh karena itu dipandang perlu bagi setiap orang memiliki pengetahuan tentang cara merancang dan membuat sirene.

B. MERANCANG DAN MEMBUAT BEL LISTRIK

1. Gagasan

Bel listrik dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Di rumah, bel listrik dapat membantu tamu yang datang. Tamu tidak perlu memanggil-manggil dengan suara keras untuk memberitahukan kehadirannya, tetapi cukup menekan tombol listrik. Pemilik rumah segeramengetahuinya.

C. MERANCANG DAN MEMBUAT ALARM PENANDA BANJIR

1. Gagasan

Pada musim penghujan, di beberapa daerah sering terjadi banjir. Bahaya banjir biasanya terjadi secara mendadak atau tiba-tiba setelah terjadi hujan deras dalam waktu yang lama. Untuk menghindarkan kerugian yang lebih besar akibat bahaya atau bencana banjir dapat diatasi dengan pemasangan alarm penanda banjir. Dalam alarm penanda banjir dapat diketahui terlebih dahulu akan datangnya banjir, sehingga dapat dilakukan usaha-usaha penyelamatan.

BAB 10: Sistem Tata Surya

Sistem tata surya kita terdiri atas matahari, planetplanet,dan benda-benda langit lainnya. Planet-planetpenyusun tata surya kita adalah Merkurius, Venus, Bumi,Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Benda-benda langit lain penyusun tata surya antara lain satelit,meteoroid, komet, dan asteroid.

Gerakan berputarnya sebuah planet pada sumbunya disebut rotasi. Waktu yang diperlukan planet untuk menyelesaikan satu kali rotasi disebut kala rotasi. Sedangkan gerakan beredarnya sebuahplanet mengelilingi matahari dinamakan revolusi. Waktu yangdiperlukan planet untuk menyelesaikan sekali revolusi disebutkala revolusi. Kala revolusi bumi ditetapkan sebagai satuan yang dinamakan satu tahun.

 Telah disebutkan di atas bahwa planet-planetberedar mengelilingi matahari.Peredaran itu disebabkan adanya gaya gravitasi, di antara matahari dan kesembilan planet itu.

A. MATAHARI

Matahari merupakan bola gas bercahaya dengan suhu permukaan kira-kira 6.000° C. Cahaya itulah yang menyinariplanet. Jarak matahari dengan bumi kira-kira 150 juta km.Garis tengahnya mencapai 1.400.000 km, kira-kira 115 kali garis tengah bumi.

Matahari terbentuk dari awan gas dan debu yang besar.Awan tersebut mula-mula berputar membentuk bola besaryang banyak benjolan di tengahnya. Lama-kelamaan benjolanmenjadi kecil dan panas. Matahari terdiri atas 69,5% gas hidrogen dan 28% gas helium serta mengandung karbon, nitrogen, dan unsur-unsur lain.

 Atmosfer matahari terdiri atas dua lapisan. Lapisan pertama dinamakan kromosfer dan lapisan kedua disebut korona.Kromosfer menyelubungi fotosfer dengan tebalan kira-kira130.000 km. Kita dapat melihat kromosfer dan korona saat terjadi gerhana matahari sempurna. Kromosfer berwarna merah sedangkan korona berwarna keabu-abuan.

B. PLANET-PLANET

Planet ialah benda langit yang mengelilingi mataharimelalui lintasan tertentu. Planet tidak sama dengan bintang.Bintang dapat memancarkan cahaya sendiri sedangkanplanet tidak memiliki cahaya sendiri. Cahaya planet merupakan pantulan cahaya matahari.

 1. Merkurius

Planet merkurius merupakan planet terkecil dari seluruh anggota tata surya. Diameter merkurius sekitar 4.900 km. Merkurius merupakan planet yang terdekat dengan matahari. Jaraknya dari matahari kira-kira 58 juta km. Karena jaraknya yang sangat dekat dengan matahari. Merkurius sulit diamati dari bumi. Meskipun demikian, planet Merkurius pada waktu-waktu tertentu dapat diamati dengan mata telanjang. Misalnya ketika matahari menjelang terbit atau terbenam. Planet ini muncul di ufuk timur menjelang matahari terbit dan di ufuk barat menjelang matahari terbenam. Oleh karena itulah orang menamakan planet Merkurius sebagai bintang pagi atau bintang malam.

Karena tidak memiliki atmosfer serta letaknya sangat dekat dengan matahari, perbedaan suhu diplanet ini sangat besar. Siang hari suhunya mencapai 400° C dan pada malam hari suhunya turun mencapai–173° C. Kala revolusi Merkurius selama 88 hari, sedangkan kala rotasinya selama 58 hari 15 jam atau sekitar 59 hari. Planet Merkurius tidak memiliki satelit.

2. Venus

Planet Venus adalah planet yang paling dekatdengan bumi. Seperti Merkurius, planet Venus, kadangkadangtampak dari permukaan bumi. Bahkan tanpa menggunakan alat, kita dapat melihat planet ini.

Keadaan udara planet Venus sangat panas. Pada siang hari suhu permukaan mencapai 500° C. Panastersebut ditahan awan tebal sehingga menghangatkan planet pada malam hari. Atmosfer Venus sangat sedikitmengandung oksigen tetapi lebih banyak mengandungkarbon dioksida. Hampir seluruh Venus kering, uap air hanya terdapat dalam jumlah yang sangat kecil. Diameter Venus kira-kira 12.100 km, sedangkan jarak dari matahari sekitar 108,2 juta km. Kala revolusiVenus selama 224,7 hari atau dibulatkan 225 hari.Sedangkan kala rotasinya selama 249 hari. Venus tidak mempunyai satelit.

3. Bumi

Bumi merupakan planet terbesar kelima di antara delapan planet dalam tata surya kita. Diameter bumimencapai 12.756 km. Jarak Bumi dari matahari sekitar 150 juta km. Jarak tersebut dikenal dengan satu SatuanAstronomi (SA). Bumi merupakan satu-satunya planetyang memungkinkan adanya kehidupan.Bumi diselimuti atmosfer yang mengandung banyak oksigen (20%). Di planet Bumi tersedia cukup air dan suhu permukaan 22° C. Hal inilah yang menyebabkanplanet Bumi dapat dihuni makhluk hidup.

4. Mars

Planet Mars disebut juga planet merah karenapermukaannya diliputi oleh debu-debu berwarna merahsehingga bila dilihat dari permukaan bumi tampak merah. Planet ini dapat diamati langsung dari bumi tanpamenggunakan teropong.Planet Mars berukuran sedikit lebih besar daripadaplanet Merkurius. Garis tengah planet ini sekitar 6.800 km. Dan jaraknya dari matahari kira-kira 249,1 juta km.Suhu di permukaan Mars sangat dingin. Suhu tertinggipermukaannya berkisar 50° C–60° C. Sedangkan suhu terendahnya mencapai –100° C. Hal ini yangmenyebabkan di Mars tidak terdapat kehidupan. Kala revolusi Mars selama 687 hari, sedangkan kala rotasinyaselama kira-kira 24,6 jam.

5. Yupiter

Yupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya kita. Diameternya mencapai 143.000 km. JarakYupiter dari matahari kira-kira 778 juta km (5,2 SA). Planet Yupiter tersusun atas 90% hidrogen dan10% helium. Oleh karena itu, Yupiter juga disebut planet gas. Planet ini tidak memiliki permukaan yang berupabenda padat.

6. Saturnus

Saturnus merupakan planet terbesar kedua setelahYupiter. Diameter Saturnus kira-kira 120.000 km.Sedangkan jarak antara Saturnus dengan matahari kirakira 1.429 juta km (9,5 SA).Saturnus merupakan planet gas. Sebagian besardari bagian planet ini berupa hidrogen (90%) dan sisanyaberupa helium (10%).

7. Uranus

Uranus sangat jauh dari matahari, sehingga planet ini sangat dingin. Suhu permukaan Uranus tidak pernahlebih dari –180°C. Garis tengah Uranus kira-kira 51.118 km.Bila dilihat dengan teleskop, Uranus kelihatan seperti cakram yang berwarna hijau laut. Seperti halnyaplanet Saturnus, planet ini juga dilingkari oleh cincincincin.

8. Neptunus

Neptunus memiliki bentuk dan ukuran mirip dengan Uranus. Oleh karena itu, antara Neptunus dan Uranusdikenal sebagai planet kembar. Garis tengah Neptunussekitar 48.500 km.Jaraknya dari matahari sekitar 4.504 juta km (30SA). Neptunus diselubungi atmosfer yang mengandungbanyak gas metana dan amonia. Permukaan planet initampak biru, hal ini dikarenakan adanya penyerapan sinar merah dari matahari oleh gas metana. Suhu maksimumpermukaan Neptunus sekitar –190°C.

C. BENDA-BENDA LANGIT LAINNYA

Dalam susunan tata surya kita, selain planet-planet, ada benda-benda langit lainnya, yaitu asteroid, komet, meteoroid,dan satelit.

1. Asteroid

 Antara planet Mars dan Yupiter terdapat benda-bendalangit kecil menyerupai planet yang bergerak mengelilingi matahari. Benda-benda itudisebut asteroid. Asteroid juga dikenal dengan nama planetoid atau planet minor. Asteroid terbesar adalah Ceres, yang diameternya mencapai 750 km. Kala revolusi asteroid-asteroid berkisar dari empat sampai enam tahun.

Sampai saat ini telah dikenal sekitar 5.500 buah asteroid. Asteroid yang cukup terkenal antara lain Ceres,Pallas, Juno, Vesta, Trojan, dan Chiron. Asteroid tidakmempunyai angkasa.

2. Komet

 Komet merupakan benda langit yang juga mengedari matahari.Komet terdiri atas butiran-butiran es dan batuan yang membentuk bola besar.

3. Meteoroid

Berjuta-juta meteoroid memasuki atmosfer bumi, dalam setiapharinya. Namun hanya sedikityang sampai ke permukaan bumi. Hal ini dikarenakansebagian besar terbakar habis di atmosfer. Meteoroidyang sampai ke permukaan bumi disebut meteorit.

Kawah yang terjadi akibat jatuhnya meteorit disebut kawah meteor. Contoh kawahmeteor terdapat di Arizona, Amerika Serikat. Kedalaman kawah ini mencapai 200 meter. Dan diameternya mencapai1.200 meter.

4. Satelit

Satelit adalah benda langit pengiring planet. Satelit berputar mengelilingi planet dalam lintasan tertentu.Lintasan satelit berbentuk lonjong. Satelit ada dua macam, yaitu satelit alam dan satelit buatan. Satelit alam adalah satelit yang secara alami sudah ada mengiringi planet.

 Satelit buatan adalah satelit yang dibuat manusia. Satelit buatan diluncurkan dengan roket atau pesawatulangalik. Satelit buatan diluncurkan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk penyelidikan ilmiah, mencatatdan mengirim informasi tentang keadaan cuaca, alat penghubung siaran radio dan televisi, mencari sumber mineral, dan dapat juga digunakan dalam bidangpelayaran, penerbangan, dan pembuatan peta. Indonesiamemiliki satelit buatan yaitu “Palapa”. Palapa digunakansebagai satelit komunikasi.

GLOSARIUM

  • bintang : benda langit yang memancarkan cahaya, panas, dan
  • gelombang elektromagnetik.
  • fotosfer : permukaan matahari yang suhunya diperkirakan ± 6.000 °C.
  • gaya gravitasi : gaya tarik-menarik antara dua buah benda yang bermassa
  • m1 dan m2.
  • kala revolusi : waktu yang dibutuhkan planet untuk menyelesaikan satu
  • kali revolusi.
  • kala rotasi : waktu yang dibutuhkan planet untuk menyelesaikan satu
  • kali rotasi.
  • korona : bagian matahari yang terluar, yang dapat dilihat ketika
  • gerhana matahari.
  • kromosfer : sering juga disebut bola warna, adalah bagian dalam
  • matahari yang suhunya ± 5.000 °C
  • orbit : garis edar (lintasan) planet mengelilingi matahari.
  • revolusi : gerakan beredarnya planet mengelilingi matahari.
  • rotasi : gerakan berputarnya planet pada sumbunya.
  • satelit : benda langit pengiring planet.
  • tata surya : susunan yang terdiri atas matahari dan benda-benda langit
  • yang bergerak mengelilingi matahari.

BAB 11: Rotasi dan Revolusi Bumi

Bumi melakukan dua gerakan sekaligus, yaitu rotasi dan revolusi. Rotasi adalah gerakan bumiberputar pada porosnya. Sedangkan revolusi adalah gerakan bumi mengelilingi matahari.

A. ROTASI BUMI

Sekali berotasi, Bumi memerlukan waktu sekitar 24 jam (sehari). Arah rotasi bumi berlawanan dengan arah perputaran jarum jam.Perputaran bumi pada porosnya (rotasi) menyebabkanterjadinya peristiwa pergantian waktu siang dan malam

1. Terjadinya siang dan malam

Siang dan malam terjadi secara bergantian.Pada setiap waktu hanya separo permukaan bumi yang mendapat sinar matahari.

2. Matahari terlihat terbit di timur dan tenggelam di barat

Dalam kenyataan sehari-hari, kita tidak merasakan bumi berputar pada sumbunya. Yang kita ketahui adalahmatahari terbit di sebelah timur dan tenggelam di sebelah barat. Gerakan matahari yang demikian disebut geraksemu harian matahari.

3. Terjadi perbedaan pembagian waktu

Sekali bumi berotasi memerlukan waktu 24 jam.Dalam satu kali rotasi semua tempat di permukaan bumitelah mengalami perputaran 360° bujur. Seperti kita ketahui bahwabumidibagi menjadi 360° bujur, yang dinyatakan dengan garis bujur. Dengan demikian dapat kita hitung bahwa setiap derajat bujur bumi ditempuh dalam waktu (24 × 60 menit) : 360 = 4 menit. Ini berartibahwa perbedaan waktu dua tempatdi bumi yang perbedaannya satuderajat adalah 4 menit. Sehingga biladua tempat di bumi ini perbedaan bujurnya 15°, maka pada dua tempat itu terjadi selisihwaktu 15 × 4 menit = 60 menit.

B. REVOLUSI BUMI

Selain berputar pada porosnya, bumi beredar mengelilingi matahari. Peredaran bumi mengelilingi matahari disebutrevolusi. Satu kali bumi berevolusi membutuhkan waktu 365 ¼hari. Pengaruh rotasi dan revolusi bumi inidigunakan sebagai dasar dalam pembuatan kalender ataupenanggalan. Penanggalan yang dibuat berdasarkan kala rotasi dan revolusi bumi disebut kalender Masehi ataukalender Syamsiah.

Jumlah hari dalam satu tahun hanya 365 hari, sedangkan revolusi bumi adalah 365 ¼ hari. Supaya menjadi genap, setiap empat tahun sekalijumlah hari pada bulan Februari ditambah 1 hari sehinggamenjadi 29 hari. Sehingga umur dalam tahun tersebut 366hari. Tahun yang terdiri 366 hari disebut tahun kabisat. Tahun kabisat terjadi setiap empat tahun sekali. Kaisar Romawiyang bernama Yullius Caesar menetapkan tahun kabisatadalah tahun yang habis dibagi empat, misalnya 1988, 1992, 2000, dan seterusnya.

Ketika matahari berada di sebelah utara khatulistiwa,belahan bumi utara mendapat sinar matahari lebih banyakdaripada bumi selatan. Akibatnya belahan bumi utara mengalamimusim panas dan belahan bumi selatan mengalami musim dingin. Demikian pula sebaliknya.Pada bagian bumi yang jauh dari khatulistiwa mempunyai empat musim dalam setahun. Empat musim itu adalahpanas, gugur, dingin, dan semi. Sedangkan waktu berlangsungnyaempat musim tersebut adalah seperti tabel berikut.

 C. BULAN BEREVOLUSI TERHADAP BUMI

Bulan merupakan satelit bumi, Seperti halnya bumi, bulan juga berotasi dan berevolusi. Bulan berputar mengelilingibumi atau revolusi memerlukan waktu 29 ½ hari. Rotasibulan lamanya juga 29 ½ hari. Akibat rotasi bulan dan kalarevolusinya sama, maka permukaan bulan yang menghadap ke bumi selalu sama.

Selain penanggalan Masehi atau Syamsiyah, ada pula 00penanggalan Komariyah atau penanggalan bulan. Penanggalan bulan disebut juga penanggalan (kalender) Hijriah. Penanggalan Komariyah perhitungannya didasarkan pada kala revolusi bulan.

Pada saat bumi telah mengelilingi matahari satu kali,bulan telah mengelilingi bumi 12 kali. Lamanya bulan mengelilingibumi satu kali adalah 29,5 hari. Sehingga berdasarkan perhitungan kala revolusi bulan lamanya sama dengan 12 ×29,5 hari. Sehingga berdasarkan perhitungan revolusi bulan,maka satu kali bumi berevolusi lamanya sama dengan 12 × 29,5 hari = 354 hari. Dengan kata lain satu tahun Komariyahsama dengan 354 hari.

D. GERHANA BULAN DAN GERHANA MATAHARI

1. Gerhana Bulan

Pernahkan kamu melihat gerhana bulan? Kapankahgerhana bulan itu terjadi? Dan bilamana terjadi gerhanabulan? Gerhana bulan hanya terjadi pada waktu malam hari ketika bulan purnama. Gerhana bulan terjadiapabila bulan berada dalam daerah bayang-bayang bumi. Peristiwa ini terjadi ketika kedudukan bumi berada pada satu garis lurus dengan matahari dan bulan. Padaperistiwa ini bumi terletak di antara matahari dan bulan.

Karena matahari lebih besar, maka terjadi duamacam bayangan bumi, yaitu bayangan inti (umbra) danbayangan kabur (penumbra).

 2. Gerhana Matahari

Gerhana matahari terjadi pada siang hari. Gerhana matahari terjadi karena sinar matahari terhalang olehbulan sehingga beberapa saat sinar matahari tertutup dan tidak tampak dari bumi. Hal ini terjadi karena bulanberada pada satu garis lurus di antara matahari danbumi.

GLOSARIUM

  • ekliptika : garis edar (lintasan) planet mengelilingi matahari.
  • gerhana : matahari (bulan) gelap sebagian (seluruhnya) dilihat
  • dari bumi.
  • kalender Komariyah : perhitungan kalender berdasarkan peredaran bulan
  • mengelilingi bumi.
  • kalender Syamsiah : sering juga disebut kalender Masehi, adalah
  • perhitungan kalender berdasarkan peredaran bumi
  • mengelilingi mata-hari.
  • penumbra : bayangan kabur.
  • revolusi bumi : bumi berputar mengelilingi matahari.
  • rotasi bumi : bumi berputar pada porosnya.
  • umbra : bayangan inti.