Cara Merekam Layar Laptop Tanpa Aplikasi

Anda mungkin berencana untuk merekam layar pada komputer. Hal tersebut dikarenakan berbagai macam alasan. Bisa pula dalam presentasi, merekam tutorial, maupun pengajaran. Merekam layar sekarang ini dapat menarik berbagai perhatian sehingga menjadi fitur yang termasuk  populer pada dunia bisnis maupun pendidikan.

Merekam layar merupakan cara dalam berbagi layar maupun juga video yang telah direkam tidak  perlu memakai alat perekam berupa tambahan. Dengan hal demikian, orang yang telah merekam layar bisa memberikan informasi dengan orang lain dengan lebih mudah maupun cepat.

Untuk para pemakai Windows 7, 8, maupun 10, ada sejumlah cara merekam layar laptop yang memang cukup mudah bila dilakukan.

Tutorial dalam membidik layar terdapat pada laptop Windows 10 tidak butuh aplikasi

Laptop yang dipakai sistem Windows 10 mempunyai program bawaan dan dikenal dengan Game Bar yang bisa dipakai untuk merekam layar tidak perlu didownload aplikasi baru. Game Bar yang memang awalnya direncanakan dalam merekam gim yang Anda jalankan. Namun, Game Bar juga bisa merekam layar laptop maupun secara otomatis hendak disimpan dengan file video MP4.

Jika memang belum merekam layar, persiapkan bahwa Game Bar telah aktif dengan langkah membuka Settings > Gaming > Game Bar Kemudian jangan lupa untuk pilih opsi yang terdapat pada bagian “Record game and clips, lalu pilih di bagian broadcast and using and Game bar” kemudian pilih bagian screenshots. Apabila sudah aktif, maka jangan lupa ikuti tutorial dalam merekam layar pada laptop Windows 10 dengan langkah berikut ini:

  1. Pertama-tama jangan lupa untuk tekan tombol Win+G pada saat membuka Game Bar.
  2. Pada saat merekam layar, maka jangan lupa untuk tekan tombol Win+Alt+R  kemudian klik pada bagian “Start Recording”.
  3. Jika ingin berhenti untuk merekam, jangan lupa klik tombol “Stop Recording” yang terdapat pada bagian di pojok kanan atas.
  4. Sesudah selesai, makan notifikasi tentunya akan muncul.
  5. Klik pula notifikasi tersebut maka akan secara otomatis pada File Explorer bisa membuka lokasi rekaman.

Tutorial dalam membidik layar pada laptop Windows 7, 8, maupun juga 10 dengan memakai aplikasi

Jika Anda tidak memakai Windows 10 atau mau dalam mencoba memakai aplikasi, ada sejumlah aplikasi yang bisa dipakai dalam merekam pada layar laptop Windows seperti 7, 8, maupun juga 10 dengan lebih mudah. Maka, simak pilihan dari aplikasi sebagai berikut.

OBS Studio

OBS Studio merupakan perangkat lunak dalam merekam layar laptop secara gratis serta memberikan secara langsung tidak ada watermark maupun batas waktu. Aplikasi tersebut bisa merekam layar dengan menggunakan suara maupun  langsung memberikan rekaman pada YouTube, DailyMotion, Twitch, Mixer, dan masih banyak lagi.

Tidak cuma itu saja, aplikasi tersebut akan memungkinkan para pengguna dalam menambahkan sejumlah efek pada layar yang sudah direkam seperti halnya efek mask/blend, color correction, green screen, crop, dan noise reduction. Namun, OBS Studio tak banyak mendukung fungsi dari pause dalam merekam layar.

Cara merekam layar dengan memakai OBS Studio berikut ini:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi kemudian jangan lupa untuk klik tombol “+” yang terdapat pada kotak “Sources” yang berada di kiri bawah
  2. Saat sedang merekam layar, maka jangan lupa untuk pilih “Display Capture”
  3. Kemudian buat juga judul untuk rekaman.
  4. Pilih pada layar yang hendak direkam.
  5. Pada bagian yang ada di kanan bawah jangan lupa untuk klik seperti “Settings”
  6. Pilih juga lokasi penyimpanan yaitu dengan klik pada bagian Output > Recording Path.
  7. Pada saat mulai merekam di layar, maka klik pada bagian “Start Recording”
  8. Pada saat berhenti merekam, jangan lupa klik pada bagian  “Stop Recording”
  9. Rekaman yang hendak disimpan maka perlu diletakan pada lokasi yang telah dipilih.

TuneFab Screen and Recorder

TuneFab Screen and Recorder merupakan perekam layar secara gratis tidak perlu menggunakan watermark. Dengan adanya aplikasi ini, Anda bisa merekam layar dengan menyimpan rekaman pada format video MP4 maupun juga WMV dan bisa merekam sampai dengan 60 fps (frame yang akan tercatat per detik). Rekaman layar juga termasuk suara, kemudian anotasi layar, beserta kursor.

Selain dapat merekam video, TuneFab Screen and Recorder bisa merekam cuma audio saja. Akan tetapi, Anda dapat memakai fungsi ini dalam merekam musik, kemudian radio, maupun juga buku audio dari sejumlah situs web pada layanan seperti Spotify dengan adanya pilihan format seperti audio WMA, MP3, AAC, dan juga M4A. 

Simak juga cara-cara berikut dalam memakai TuneFab Screen and Recorder.

Buka terlebih dahulu aplikasi kemudian izinkan dalam merekam.

  1. Pilih pula pada bagian “Video Recorder” pada saat mulai merekam di layar.
  2. Klik pada bagian “Display” kemudian pilih dengan resolusi menggunakan perekaman layar.
  3. Aktifkan pula rekaman suara dengan adanya pilih seperti halnya “System sound”.
  4. Klik yang ada di bagian “Kamera” serta  beri izin pada saat merekam.
  5. Pada saat mulai merekam, jangan lupa klik tombol “REC” yang berwarna hijau.
  6. Pada saat berhenti merekam, jangan lupa untuk klik tombol seperti “Stop” maupun juga “Save” dalam menyimpan rekaman di layar.
  7. Anda juga bisa dalam mengedit rekaman. Hal itu bisa dengan memotongnya sesuai dengan keperluan Anda.

ActivePresenter

ActivePresenter dari Atomi Systems merupakan perekam layar maupun editor video. Aplikasi tersebut gratis maupun tidak mempunyai watermark yang terdapat pada  layar yang akan direkam. Para pemakai juga bisa menggunakan seluruh fitur tidak ada batasan waktu apapun juga. Sesudah merekam layar, maka ActivePresenter mempunyai fitur dalam memangkas, kemudian memotong, lalu membagi rekaman, hingga bisa digunakan untuk mengubah kecepatan maupun volume, bahkan dapat menambahkan teks, beserta animasi, anotasi, dan juga masih banyak lagi. Berikut merupakan cara dalam merekam layar dengan memakai ActivePresenter.

  1. Buka pada bagian Start Page > Record Video
  2. Pastikan pada area perekaman maupun pengaturan yang lainnya.
  3. Pada saat mulai merekam layar, maka jangan lupa klik dengan tombol “Record”
  4. Pada saat berhenti merekam maka jangan lupa untuk tekan CTRL+END maupun juga klik tanda stop yang ada pada layar.

Free Cam

Free Cam menghadirkan serangkaian fitur secara lengkap dalam membuat pelajaran untuk video profesional maupun juga presentasi e-Learning. Perangkat lunak ini bisa dalam merekam layar dengan cara gratis pada Windows serta juga mempunyai fitur dalam mengedit rekaman yakni agak mudah. Dengan menggunakan Free Cam, Anda akan bisa merekam seluruh aktivitas yang terdapat pada layar, selain itu dapat mengunci rekaman di aplikasi tertentu, dengan slide presentasi, maupun juga merekam semua layar. Jika ingin memakai Free Cam, maka ikuti langkah berikut:

  1. Buka terlebih dahu aplikasi kemudian jangan lupa klik “New Recording” dalam merekam layar.
  2. Pilih untuk area yang direncanakan untuk direkam.
  3. Pada saat merekam dengan setengah dari layar (area kustom), maka klik kemudian seret pasa batas area yang memang akan direkam.
  4. Pindahkan pula dan jangan lupa untuk ubah ukuran area dari perekaman pada lokasi yang lain dan yang terdapat pada layar jika perlu.
  5. Klik juga pada bagian “Start Recording” pada saat mulai merekam pada layar.
  6. Saat berhenti dalam merekam, maka klik tombol “Done” bisa juga dengan tekan tombol Esc yang terdapat pada papan ketik.

Demikianlah cara dalam merekam layar pada laptop dengan pengguna Windows 7, 8, maupun juga 10 yang lebih praktis serta mudah untuk digunakan.